Peringati Hari Anak Nasional, Rusdin Barhiwan Ajak Semua Pihak Usulkan Perda Perlindungan Anak

Anggota DPRD Kabupaten Balangan, Rusdin Barhiwan – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Anggota DPRD Kabupaten Balangan, Rusdin Barhiwan mengajak semua pihak untuk lebih peduli dan melindungi anak-anak, serta mengupayakan perlindungan dan pemenuhan hak-hak mereka melalui usulan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) sebagaimana yang diatur dalam Perda Kabupaten Balangan.

Ajakan ini diserukan Rusdin seiring diperingatinya Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada hari Rabu tanggal 23 Juli 2024 lalu.

Sebagai orang tua dan anggota masyarakat, Rusdin Barhiwan menilai penting bagi kita untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan perlindungan yang layak dan kesejahteraan yang memadai.

“Anak-anak adalah bagian tak terpisahkan dalam membangun bangsa dan negara ini. Kita perlu menciptakan berbagai program yang mendukung mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan baik,” ucap Rusdin, Kamis (25/7/2024).

Rusdin juga menyoroti pentingnya penghargaan terhadap anak-anak agar mereka merasa bangga dan berpotensi dalam berbagai bidang kehidupan.

“Dengan mengadakan kegiatan Hari Anak Nasional, kita dapat mendorong anak-anak untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat menggali potensi serta mendukung aspirasi mereka,” tambahnya.

Dalam konteks ini, Rusdin menegaskan perlunya perhatian dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara keseluruhan dalam melindungi anak-anak dari pengaruh negatif.

Program pemerintah yang meliputi perlindungan, kesejahteraan, dan pemenuhan hak-hak anak, seperti di bidang kesehatan, pendidikan, dan perlindungan, juga menjadi fokus utama.

Terkait dengan anak-anak yang mengalami trauma akibat kekerasan, Rusdin menekankan pentingnya intervensi pemerintah daerah dengan pendekatan multi-sektoral, melibatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) serta dukungan dari Dinas Kesehatan untuk penyembuhan trauma oleh para spesialis seperti psikolog atau psikiater.

Dengan penutupan yang optimis, Rusdin berharap bahwa peringatan Hari Anak Nasional ini akan menjadi titik tolak untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh lapisan masyarakat terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

“Mari kita bersama-sama memastikan bahwa anak-anak mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan demi masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال