PHBI Dan BKPRMI Barsel Gelar Pawai Gema Tahun Baru Islam 1 Muharram

MERIAH: Pawai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah di Kabupaten Barito Selatan meriah – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, PHBI bekerja sama dengan BKPRMI Kabupaten Barito Selatan mengadakan kegiatan Pawai Gema Tahun Baru Islam yang berlangsung meriah, Minggu (7/7/2024).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap perjuangan Rasulullah serta memperkenalkan arti penting Tahun Baru Islam kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

Pawai dimulai di depan kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Barito Selatan atau Komplek pelajar Buntok dan finish atau berakhir di halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok Jalan Pelita Raya, dengan rute yang dipenuhi oleh antusiasme peserta yang mengenakan berbagai kostum islami.

Kegiatan ini juga diiringi dengan berbagai atraksi yang menarik dan alat peraga seperti masjid, Ka’bah, Gua Hira, Unta dan lain sebagainya untuk menarik perhatian masyarakat.

Setelah dewan juri yang dipimpin oleh Sutrisno beranggotakan Muhammad Hamdan dan Rasyid bersidang cukup alot, keluar sebagai juara pertama yaitu Rumah Tahfidz Hidayatul Muhibbin dan juara 2 adalah TK TPA Miftahul Huda Kamper dan juara 3 diraih oleh TK TPA Nurul Wathan, juara 4 diraih oleh TK TPA Al Hidayah, juara 5 diraih oleh TK TPA Nurush Shiddiq dan juara ke-6 diraih oleh Darul Ikhlas Purwanita.

Pejabat Bupati Barito Selatan H Deddy Winarwan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Mirwansyah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi ibadah yang diterima oleh Allah SWT dan dapat meningkatkan keimanan kita semua,” ujarnya.

Deddy mengajak masyarakat Barsel untuk bersyukur kepada Allah SWT dan meningkatkan iman serta takwa kepada-Nya di awal tahun baru Hijriyah ini sehingga kualitas pribadi sebagai orang Islam semakin tinggi dan mulia di dunia dan di akhirat.

"Untuk menjalani kehidupan pada tahun ini kita harus menggunakan siasat yang mampu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus memperhitungkan terhadap kepentingan hidup di masa yang akan datang terutama di akhirat dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," pintanya.

Deddy berharap acara serupa dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang sebagai upaya memperkuat ukhuwah Islamiyah dan menanamkan nilai-nilai Islami kepada generasi muda.

"Dengan adanya acara ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap nilai-nilai Islam semakin tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Barsel. Kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi bagi anak-anak untuk lebih memahami sejarah dan makna Tahun Baru Islam," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Sutrisno mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah santriawan dan santriwati dari 20 unit TK TPA yang ada di Kota Buntok. Para juara diberikan piala, piagam dan uang pembinaan. Sedangkan semua peserta yang mengikuti kegiatan ini diberikan uang sebesar Rp 350.000.

Kegiatan Pawai Gema Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah di Barito Selatan berakhir dengan sukses dan penuh kegembiraan. 

“Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi semua muslim dan muslimat,” ucapnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال