Pj Bupati Barsel Jadi Penguji Ujian Akhir Disertasi Program Doktor di UGM

FOTO BERSAMA: Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan berfoto bersama mahasiswa S3 Apoh Ibrahim Saragih dan keluarga usai ujian akhir disertasi Program Doktor di Universitas Gajah Mada (UGM) - Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Deddy Winarwan menjadi penguji mahasiswa S3 Apoh Ibrahim Saragih dalam ujian akhir disertasi Program Doktor di Universitas Gajah Mada (UGM). 

Sidang yang berlangsung di Ruang Sidang C Lantai 5 Kampus UGM Jalan Teknika Utara Pogung Yogyakarta, hari Senin, 8 Juli 2024, membahas Disertasi dengan judul “Peran Transfer Rumah Tangga Orang Tua terhadap Perilaku Transfer Rumah Tangga Anak.”

Kegiatan ujian tertutup disertasi Program Doktor pada Program Studi Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada dilaksanakan pada hari Senin, 8 Juli 2024 bertempat di Ruang Sidang C Lantai 5 Kampus UGM Jalan Teknika Utara Pogung Yogyakarta.

Kegiatan ujian tertutup disertasi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dr Widyanto Dwi Nugroho SHut MAgr sekaligus sebagai Pimpinan Sidang.

Adapun sebagai Tim Promotor adalah Profesor Dr Sukamdi MSc, Elan Satriawan MEc PhD dan Dr Evita Hanie Pangaribowo. Sedangkan Tim Penguji antara lain adalah Dr Deddy Winarwan MSi, Dr Ambar Widaningrum MA, Dr Agus Joko Pitoyo MA serta Amirullah Setya Hardi PhD. 

Dalam disertasinya, Apoh Ibrahim Saragih merekomendasikan metode penelitian yang mengasumsikan endogenitas variabel transfer RT orang tua dan adanya jeda waktu untuk observasi anak pada penentuan pasangan orang tua-anak untuk memperkuat pentingnya menerapkan metode penelitian tersebut pada teori role model atau yang berkaitan dengan teori ini. Selain itu, para pemangku kepentingan modal sosial (pemerintah, lembaga pengumpul dana masyarakat untuk kemanusiaan, lembaga keagamaan) dapat memanfaatkan semakin mandirinya RT anak dalam menentukan tujuan transfer RT mereka. Lembaga-lembaga tersebut dapat memperhatikan variabel sosio-ekonomi yang signifikan mempengaruhi jumlah transfer RT anak seperti usia, pengeluaran per kapita dan status pernikahan, jenis kelamin kepada RT dan ukuran RT. Selain variabel tersebut, pengaruh transfer RT orang tua yang sangat kuat terhadap transfer RT asing merupakan modal yang kuat yang sudah dimiliki oleh masyarakat Indonesia untuk memperkuat gotong royong dengan mengarahkan transfer tersebut ke orang yang paling membutuhkan.

Deddy Winarwan dalam pengujiannya memberikan apresiasi kepada Apoh Ibrahim Saragih atas disertasinya yang mengangkat tema yang sangat relevan terkait konteks transfer rumah tangga di Indonesia saat ini.

Pj Bupati Barsel ini juga menerangkan bahwa kehadirannya sebagai Tim penguji Disertasi adalah salah satu bagian dari aktivitas akademik.

"Saya hadir, karena diminta oleh pihak Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan tentu ini jadi kesempatan saya untuk bersinergi dengan kampus-kampus mencetak mahasiswa yang kompeten dan unggul karena Kota Yogyakarta ini kan terkenal dengan kota pendidikan," tuturnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan selain aktif sebagai penguji dan pengajar di beberapa universitas ternama di Indonesia juga aktif sebagai pembicara maupun narasumber seminar nasional dan internasional.

Beberapa waktu lalu Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan didapuk menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional di Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam kegiatan peringatan Lustrum ke-6 atau ulang tahun yang ke 30 pada Seminar Nasional bertajuk “Digital Governance: Peluang dan Tantangan.”

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال