TPS Liar Menjadi Perhatian Serius Dinas Lingkungan Hidup

 

SAMPAH: TPS liar mulai banyak bermunculan di Kota Palangka Raya - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id 

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Kemunculan tempat pembuangan sampah (TPS) liar oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab menjadi perhatian serius Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya.

Lokasi yang sering menjadi TPS liar antara lain Jalan Rawa Belut, Jalan Temanggung Tilung (komplek Pameran), Jalan G Obos 24, dan Jalan Panenga Kota Palangka Raya.

Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini mengatakan, upaya penindakan sampah liar ini sudah sering dilaksanakan pihaknya melalui Tim UPTD Pengelolaan sampah terpadu.

“Lokasi yang menjadi titik pembuangan sampah liar sering kali kami bersihkan, dipasang spanduk imbauan, dan dipasang police line. Namun, oknum warga tetap membuang sampah di lokasi-lokasi tersebut,” ucapnya, Selasa (30/7/2024).


Dirinya menegaskan apabila masyarakat kurang informasi tentang tempat pembuangan sampah terdekat, mereka dapat menggunakan aplikasi Pak Sam yang tersedia di Playstore untuk melihat TPS yang ada di Kota Palangka Raya.

“Saat ini sebagian warga lebih memilih membuang sampah di lahan kosong yang tidak dikelola oleh pemiliknya dibanding membuangnya ke TPS, kontainer atau Depo sampah mini maupun berlangganan jasa angkutan sampah roda 3. Akibatnya banyak lahan kosong di daerah Kota Palangka Raya menjadi lokasi TPS liar,” sambungnya.

Dirinya berharap agar warga turut berperan dan memiliki kesadaran untuk membuang sampah ke tempatnya. 

“Jika melihat oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan, kami imbau warga sekitar bisa mengarahkan mereka ke lokasi yang telah disediakan,” pungkasnya.

Sumber: mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال