UPT Puskesmas Lampihong Pantau Pertumbuhan Balita dengan Inovasi Paman Bantu Anita

KUNJUNGI IBU BALITA: Inovator PAMAN BANTU ANITA, Raudatul Janah mengunjungi ibu yang memiliki balita – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Lampihong, Kecamatan Lampihong terus memaksimalkan inovasi PAMAN BANTU ANITA (Pemantauan Pertumbuhan Balita dalam Bentuk Catatan Gizi Balita) yang telah dibuat pada tahun 2022.

Sang pembuat inovasi ini, Raudatul Janah menjelaskan, awal mula terbentuknya PAMAN BANTU ANITA karena ada beberapa faktor yang menjadi masalah di lapangan, terutama dalam kegiatan pemantauan pertumbuhan di posyandu wilayah kerja Puskesmas Lampihong yang kurang optimal.

“Hal ini dikarenakan sering terjadinya kesalahan dalam pengukuran oleh tidak adanya kartu kontrol hasil pengukuran antropometri, sehingga muncul ide untuk membuat Inovasi PAMAN BANTU ANITA,” ungkapnya, Rabu (10/07/2024).

Menurutnya, mekanisme inovasi ini yaitu dari mencetak buku catatan kemudian membagikannya ke setiap posyandu di wilayah kerja Puskesmas Lampihong dengan memberikan arahan kepada kader tentang penulisan data pada buku catatan, memantau pertumbuhan balita setiap bulan pada buku catatan balita.

“Tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan di Posyandu wilayah kerja UPTD Lampihong dan juga sebagai buku kontrol agar mempermudah kader melihat hasil antropometri di bulan sebelumnya,” pungkasnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال