Wah, Pemkab Balangan Setujui Penyertaan Modal Bank Kalsel Rp500 Miliar

MODAL: Pemkab bersama DPRD Balangan sepakat melakukan penyertaan modal ke Bank Kalsel - Foto Dok Bank Kalsel

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan menggelar Rapat Paripurna, Sabtu (13/7/2024) lalu di ruang rapat paripurna DPRD Balangan.

Hadir dalam kegiatan Rapat Paripurna Bupati Balangan H Abdul Hadi, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Wakil Ketua I DPRD Balangan Muhammad Ifdali dan Wakil Ketua II DPRD Balangan Hanil Tamjid.

Ada pun agenda dalam Rapat Paripurna kali ini yaitu menyetujui penyertaan modal ke Bank Kalsel sebesar Rp500 Miliar.

Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa persetujuan tersebut merupakan penyertaan modal kepada Bank Kalsel untuk tahun 2024.

"Penyertaan modal ini merupakan saran dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI. Disamping kita membangun infrastruktur, satu daerah dengan APBD-nya juga dianjurkan untuk investasi daerah,” tegasnya.


Penyertaan modal ini merupakan salah satu cara untuk Kabupaten Balangan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya yang masih terbilang kecil.

"Kabupaten Balangan tidak memiliki hotel atau restoran untuk menopang percepatan pertumbuhan PAD kita. Oleh karena itu, pintu yang kita ambil adalah investasi," ungkapnya.

Dirinya meyakini dengan penyertaan modal ini, PAD Kabupaten Balangan yang awalnya hanya di bawah Rp100 Miliar dapat naik Rp250 - Rp300 miliar per tahun.

Ia juga menyampaikan keuntungan dengan adanya penyertaan modal ke Bank Kalsel ini, salah satunya Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kemarin masyarakat bertanya-tanya dimana pemerintah daerah mendapat uang untuk menutupi Sanggam Babungas dan Sanggam Bakabun. Program tersebut sama sekali tidak menggunakan APBD, melainkan CSR dari Bank Kalsel dan PT Adaro Indonesia,” terangnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال