BPBD Balangan Tetapkan Desa Pimping Sebagai DESTANA

SOSIALISASI: BPBD Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi Forum Group Discusion (FGD) dan Simulasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Pimping, Kecamatan Lampihong – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menetapkan Desa Pimping di Kecamatan Lampihong sebagai Desa Tangguh Bencana (DESTANA).

Penetapan itu dilakukan BPBD Balangan usai melaksanakan sosialisasi Forum Group Discusion (FGD) dan Simulasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Pimping, Kecamatan Lampihong, Rabu (14/8/2024).

"Desa Pimping juga secara resmi ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana)," kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Jumaidil Hairi.

Disinggung tentang sosialisasi, Jumaidil menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang program pemerintah yaitu Desa Tangguh Bencana (DESTANA). 

Dimana program ini merupakan salah satu program unggulan BPBD Balangan dalam upaya meningkatkan ketahanan daerah dalam menghadapi bencana serta salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana.  

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya untuk ketahanan daerah menghadapi bencana," ujarnya. 

Lebih lanjut, Jumaidil juga mengharapkan ke depannya penetapan Desa Pimping sebagai DESTANA ini dapat meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan baik pihak pemerintah daerah, sektor swasta, organisasi masyarakat, dan kelompok-kelompok lainnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال