Buka Lomba Bercerita, Asisten II Rahmat Nuryadin: Kemampuan dan Kesenangan Membaca Faktor Penting Dalam Penyelenggaraan Pendidikan

FOTO BERSAMA: Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Rahmat Nuryadin berfoto bersama peserta lomba bercerita – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Rahmat Nuryadin menilai Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan saat membuka lomba bercerita tingkat SD/MI sederajat se-Barito Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Selasa (13/8/2024).

“Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas,” katanya.

Rahmat Nuryadin mengatakan pembudayaan gemar membaca pada anak tidak mudah, tapi juga tidak susah. Namun harus berupaya ditanamkan dan dilatih pada anak sedini mungkin.

Menurutnya, peran orangtua, masyarakat, pemerintahan dan lembaga swasta juga merupakan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan.

“Dengan adanya lomba bercerita ini dapat membantu anak-anak agar terus menghidupkan budaya membaca,” ucap dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Barsel, Harmito menjelaskan, tujuan lomba bercerita ini di antaranya untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai macam bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

Kemudian, lanjut dia, menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah atau lokal dan nusantara.

Serta membina bakat dan membiasakan melatih anak untuk hidup cerdas, mental kreatif dan siap berkompetisi.

“Bagi juara I akan dikirim mewakili Barito Selatan pada lomba bercerita siswa SD/MI sederajat tingkat Provinsi Kalteng pada akhir Agustus 2024,” kata dia.

Adapun tema kegiatan yakni ‘Tumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional’.

Kegiatan ini juga dilaksanakan selama 2 hari mulai 13-14 Agustus 2024.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال