Dewan Kalteng Ingatkan Tiga Penyakit Kronis Berbahaya Ini

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Provinsi Kalteng Muhajirin - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Muhajirin, mengemukakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng yang dihimpun terdapat tiga penyakit kronis yang terbanyak penderitanya, yaitu Hipertensi (432.247), Obesitas (336.314), dan Diabetes Melitus (74.256). 

Ketiga penyakit kronis tersebut menurut anggota Fraksi dari Partai Demokrat ini  menimbulkan komplikasi yang berbahaya, pelan-pelan membunuh dan mengurangi produktivitas penderitanya.

"Untuk itu tahun ini kami meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan program dan kegiatan, untuk pencegahan dan penanggulangan ketiga penyakit kronis tersebut melalui kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif," kata Muhajirin, Rabu (21/8/2024).


Dirinya mengatakan, tiga penyakit kronis ini menunjukkan besarnya tantangan kesehatan masyarakat yang dihadapi dan pentingnya penanganan serius.

"Pencegahan dan penanggulangan tiga penyakit kronis seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes melitus Pemerintah Provinsi Kalteng melalui dinas terkait mulai melakukan edukasi untuk masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, aktivitas fisik yang teratur, serta pengendalian stres," jelasnya.

"Masyarakat mulai sekarang mulai melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi dini risiko hipertensi, obesitas, dan diabetes melitus," tambahnya.

Kolaborasi antara pemerintah, lembaga kesehatan, dan masyarakat sangat penting dalam pelaksanaan  pencegahan dan penanggulangan tiga penyakit kronis ini, agar dapat menekan angka penderita dan meningkatkan kesehatan masyarakat di Kalteng.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال