Dirut PLN Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Penggerak Transisi Energi 2024

PENGHARGAAN: Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menerima penghargaan Tokoh Inspiratif Penggerak Transisi Energi dalam ajang Cita dan Cipta 2024 di Jakarta. (Foto: ist)


BORENOTREND.COM, JAKARTA- Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meraih penghargaan Tokoh Inspiratif Penggerak Transisi Energi dalam ajang Cita dan Cipta 2024 di Jakarta pada Rabu (31/07). Penghargaan ini diberikan atas kepemimpinan Darmawan dalam membawa PLN bertransformasi menjadi perusahaan hijau dan adaptif menghadapi perubahan iklim. 

Selain itu, PLN juga meraih penghargaan kategori Perusahaan Inspiratif dalam Pengurangan Emisi Karbon. Elin Yunita Kristanti, Pemimpin Redaksi Liputan6.com, menyatakan bahwa penghargaan Cita & Cipta 2024 diberikan kepada tokoh dan perusahaan yang berhasil melakukan transformasi dan inovasi di bidangnya masing-masing. 

"Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang tahunan yang dapat mempublikasikan gagasan dan kerja nyata, serta memotivasi munculnya sosok-sosok baru dengan prestasi yang membanggakan," ujarnya.

 

Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan motivasi bagi PLN untuk terus mendukung transisi energi demi memitigasi perubahan iklim global. "Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh insan PLN dalam menjalankan transisi energi. Kami akan terus berkomitmen untuk memastikan kehidupan yang lebih baik bagi generasi mendatang," kata Darmawan.

PLN menunjukkan komitmennya dengan mengembangkan pembangkit energi baru terbarukan (EBT). Hingga 2023, PLN telah mengembangkan kapasitas EBT sebesar 8.786 megawatt (MW), yang terdiri dari 5.777 MW dari pembangkit hidro, 2.519 MW dari panas bumi, serta sisanya dari surya, angin, dan biomassa.

"Menanggapi tantangan pemanasan global dan target emisi nol pada 2060, PLN fokus pada peralihan dari energi fosil ke energi terbarukan," ujar Darmawan.

Selain itu, PLN juga berperan dalam transisi energi di sektor transportasi melalui pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini, PLN mengoperasikan 1.615 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.956 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU).

"Upaya ini dilakukan karena PLN sangat peduli terhadap masa depan bumi dan generasi mendatang. Transisi energi ini juga penting untuk mencapai kemandirian energi nasional dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil," tutup Darmawan.

Sumber:Press Release PLN 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال