DPRD Seruyan Harapkan Pemasaran Hasil Perikanan Petani Tambak Diperhatikan

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALTENG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui dinas terkaitnya agar lebih memperhatikan para petani tambak di wilayah setempat.

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto mengatakan, petani tambak di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hatantiring saat ini sangat memerlukan perhatian dari pemerintah daerah, salah satunya yaitu berkaitan dengan permasalahan pemasaran.

"Kami minta agar dinas terkait itu bisa membantu memasarkan hasil perikanan, khususnya hasil panen para petani petani tambak yang ada di daerah setempat," katanya.


Menurut Bejo, selama ini dirinya sering menerima informasi dari sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai petani tambak, yang mana kerap kali harga hasil panen mereka tidak stabil karena ada permainan dari para tengkulak.

Akibatnya para petani tambak kerap merugi karena permainan para tengkulak ini, mengingat mereka sangat menggantungkan hidupnya dari hasil panen. Apabila harga terus dipermainkan oleh tengkulak, tentu akan sangat menyulitkan kondisi perekonomian para petani di wilayah setempat.

"Itu tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap petani tambak yang memang menggantungkan hidup dari harga hasil panen mereka," ujarnya.

Untuk itu, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta kepada dinas terkait agar bisa memfasilitasi terekait dengan pemasaran hasil panen para petani tambak tersebut, entah itu melalui koperasi ataupun lain sebagainya.

"lni juga menjadi salah satu kelemahan kita, karena saat ini mungkin masih belum ada koperasi yang memang bergerak dibidang pemasaran hasil perikanan khususnya petani tambak, dan saya harapkan kedepannya ini bisa ditindaklanjuti," imbuhnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال