Even Porwanas XIV Tahun 2024 2024 Resmi Dibuka!

 

RAMAI: Pembukaan Porwanas ke XIV tahun 2024, Kamis (22/8/2024) di GOR Paman Birin Kota Banjarbaru - Foto Dok Istimewa 

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) ke XIV tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka, Kamis (22/8/2024). 

Pembukaan Porwanas digelar di GOR Paman Birin Kota Banjarbaru dan dibuka secara langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Kegiatan kali ini juga dihadiri oleh sejumlah pihak, diantaranya Ketua Umum PWI Pusat Hendri CH Bangun, Ketua DPRD Provinsi Kalsel H Supian HK, serta perwakilan dari Kepolisian, TNI, dan pejabat dari berbagai kota dan kabupaten di Kalsel.

Dibuka dengan Tarian kolosal bertema Geopark Meratus memeriahkan pembukaan Porwanas yang diikuti ribuan atlet dan official wartawan dari 35 provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengatakan, sajian tarian kolosal Geopark Meratus ini merupakan bagian dari upaya PWI Kalsel mempromosikan keberadaan dan pembangunan Geopark Nasional Pegunungan Meratus.

"Bersama Pemprov Kalsel, melalui event Porwanas yang diikuti ribuan peserta baik atlet maupun kontingen, kita harapkan promosi tentang potensi daerah seperti wisata, budaya termasuk Geopark Meratus ini lebih luas hingga tingkat nasional dan internasional," tegasnya.


selain tarian kolosal obyek-obyek Geosite yang tersebar di kawasan Geopark Meratus juga menjadi obyek lomba karya jurnalistik seperti reportase radio dan TV, karya tulis dan fotografi yang dilombakan dalam Porwanas XIV Kalsel. 

Sebelumnya juga digelar event Geopark Meratus Great Culture yang ditandai dengan pemecahan rekor MURI Kain Sasirangan terpanjang di dunia sebagai rangkaian memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 74 dan Porwanas XIV Kalsel.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, juga mengucapkan terima kasih kepada PWI atas kepercayaan yang diberikan kepada Kalsel sebagai tuan rumah Porwanas 2024. Ia berharap kehadiran para jurnalis di Kalsel dapat membantu mempublikasikan potensi-potensi daerah tersebut.

“Porwanas ini tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan, tetapi juga sebagai wadah solidaritas antar wartawan. Melalui event ini, kita jadikan momentum untuk terus meningkatkan profesionalitas pers,” bebernya.

Acara pembukaan Porwanas 2024 ini juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, atas dedikasinya dalam mendukung olahraga di daerah tersebut.

Berdasarkan data SIWO PWI Kalsel, tercatat hampir 1.000 atlet yang berpartisipasi dalam Porwanas 2024 di Kalsel. Ada 12 cabang olahraga yang dipertandingkan seperti futsal, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, domino, biliar, e-sport, termasuk cabang olahraga rekreasi masyarakat, balogo. Adapula berbagai lomba yang diikuti para pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Porwanas Kalsel berlangsung 20-25 Agustus 2024. Berbagai cabor telah dipertandingkan sejak Selasa (20/8/2024) lalu.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال