Gema Senyum Balita Hebat, Inovasi Baru Pemko Palangka Raya Lawan Stunting

 

SENYUM: Program Gema Senyum Balita Hebat dari Pemko Palangka Raya untuk tekan stunting - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Sebagai upaya percepatan penurunan stunting, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya meluncurkan inovasi baru bernama Gerakan Bersama Aksi Nyata Silaturahmi Bapak/Bunda Asuh ke Keluarga Risiko Stunting atau disebut Gema Senyum Balita Hebat.

Pj Sekda Kota Palangka Raya Achmad Zaini, menekankan bahwa inisiatif ini adalah langkah penting untuk mengatasi masalah stunting secara menyeluruh.

“Program ini merupakan bagian dari strategi Pemko untuk memberikan dukungan langsung kepada keluarga yang berisiko stunting, sekaligus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya gizi dan pemantauan tumbuh kembang anak,” ucap Zaini, Jumat (9/8/2024).


Dikatakannya, program Gema Senyum Balita Hebat ini melibatkan seluruh Perangkat Daerah (PD) sebagai Bapak/Ibu Asuh Anak Stunting (BAAS), yang bertugas untuk memberikan bantuan pemenuhan gizi berupa susu, telur ayam, dan paket sembako kepada keluarga-keluarga yang membutuhkan.

Selain itu lanjut Zaini, kegiatan ini juga mencakup pemeriksaan kesehatan rutin terhadap anak-anak, seperti pengukuran berat dan panjang badan, serta edukasi kepada ibu-ibu tentang pentingnya pola makan sehat dan pemantauan tumbuh kembang anak.

“Gema Senyum Balita Hebat ini merupakan upaya konkret kita untuk memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang berisiko stunting. Kami berharap melalui program ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi dan kesehatan anak,” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta sangat penting untuk kesuksesan program ini.

“Kami mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam mendukung inisiatif ini. Dengan sinergi yang kuat, kita dapat mencapai tujuan bersama dalam menurunkan angka stunting di Kota Palangka Raya,” tutupnya.

Sumber: mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال