Jainudin Karim Dorong Pelaku Usaha Kalteng Beradaptasi dengan Teknologi Digital

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Provinsi Kalteng Jainudin Karim - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Jainudin Karim, menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku usaha di Kalteng.

Ia menilai adaptasi terhadap teknologi digital menjadi kebutuhan dasar untuk menghadapi perubahan pola pikir masyarakat dan tuntutan pasar yang semakin cepat.

"Masyarakat sekarang cenderung mencari sesuatu dengan cara mudah dan cepat. Pelaku usaha harus bisa mengimbangi perubahan tersebut," ujar Jainudin, Sabtu, (24/8/2024).


Menurutnya, pemanfaatan teknologi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan akses pasar bagi pelaku usaha, terutama para generasi muda.

"Platform digital seperti e-commerce, media sosial, dan aplikasi bisnis dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat branding produk atau jasa," jelasnya.

Dirinya juga menekankan bahwa teknologi digital tidak hanya sebatas informasi, tetapi juga menjadi alat untuk membangun bisnis.

Ia mencontohkan bisnis online, start-up teknologi, dan layanan digital lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha.

"Pemanfaatan teknologi digital juga dapat menjadi sarana untuk mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor ekonomi, seperti pertanian, pariwisata, dan industri kreatif," tambahnya.

Ia mengajak masyarakat, khususnya pelaku usaha, untuk aktif memanfaatkan teknologi digital dalam membangun usaha.

"Mau tidak mau harus beradaptasi karena tuntutannya sekarang seperti itu. Kalau masih dengan cara biasa, maka sulit untuk bersaing," pungkasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال