Legislator Barsel Ini Sebut Pendidikan Merupakan Karakter yang Menjadi Tuntutan

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Barsel Nurul Hikmah - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Nurul Hikmah mengatakan, pendidikan merupakan karakter yang menjadi tuntutan. 

“Sebab pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas juga harus mempunyai budi pekerti dan sopan santun sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat pada umumnya,” katanya, Sabtu (17/8/2024).


Dikatakannya juga bahwa bidang pendidikan bisa dan harus mampu merubah pola hidup masyarakat. Hal itu agar di masyarakat dapat tumbuh dan terciptanya kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.

Menurut Wakil Rakyat Dapil I Barsel itu, dalam pelaksanaan pendidikan karakter perlu memiliki paradigma, diantaranya, pendidikan karakter pemberdayaan manusia seutuhnya artinya bahwa peserta didik diperlakukan sebagai subyek yang memiliki hak untuk mengaktualisasikan diri secara optimal dalam aspek kecerdasan intelektual, spiritual, sosial dan kinestetik. 

Perlu diketahui kata dia, bahwa pendidikan karakter merupakan pembelajaran sepanjang hayat yang di selenggarakan secara terbuka dan multi makna.

Selain itu tambah dia, pendidikan karakter adalah pendidikan untuk semua jenjang yang dijadikan sebagai pendidikan dengan tujuan adanya perkembangan dan pengembangan serta pembangunan berkelanjutan. 

“Oleh sebab itu pendidikan di Barsel harus mempunyai karakter, sehingga mempunyai mutu, kualitas dan kuantitas,” terangnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال