Manfaat Platform E-Learning Untuk Daerah Terpencil

 

WAWANCARA: Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalteng Siti Nafsiah - FOto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Siti Nafsiah mengatakan, platform e-learning dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini sangat bermanfaat terutama dalam situasi siswa yang berada di daerah terpencil.

"Dengan e-learning, akses pendidikan menjadi lebih inklusif dan merata, sehingga siswa dari berbagai wilayah, termasuk yang berada jauh dari pusat pendidikan, tetap dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik," kata Siti Nafsiah, Rabu (21/8/2024).


Dirinya menyakini, teknologi telah mempermudah dan membuat proses pembelajaran lebih terukur. Dengan adanya teknologi, siswa dan guru dapat memanfaatkan berbagai platform pembelajaran daring, untuk mengakses informasi secara mudah dan cepat.

"Pembelajaran menjadi lebih menarik, melalui penggunaan multimedia yang memperkaya metode pengajaran. Selain itu, teknologi juga memungkinkan adanya kelas virtual, yang memudahkan akses pendidikan bagi semua kalangan, terlepas dari lokasi geografis," tutur Siti Nafsiah.

Dengan teknologi seperti e-learning, menurutnya siswa di daerah terpencil dapat mengakses materi pembelajaran yang sama dengan siswa di perkotaan. Buku digital, video pembelajaran, dan platform e-learning memudahkan siswa mendapatkan pengetahuan meski jauh dari pusat pendidikan.

"Teknologi memberikan fleksibilitas dalam waktu dan tempat belajar. Siswa dapat belajar sesuai jadwal dan kondisi mereka, yang sangat membantu di daerah dengan keterbatasan infrastruktur," tutupnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال