Mantap, Kalsel Juara Umum di Porwanas XIV 2024

 

PENUTUPAN: Even Porwanas XIV Kalsel 2024 resmi ditutup, Minggu (25/8/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin - Foto Dok Lita

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil menyabet juara umum pada event Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Kalsel 2024. 

Kesukseskan Provinsi Kalsel menjadi juara umum disampaikan dalam acara penutupan Porwanas yang berlangsung, Minggu (25/8/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Pada event tiga tahunan itu, Provinsi Kalsel menyabet 34 medali dengan rincian 16 emas, 6 perak, dan 12 perunggu. Pencapaian ini jauh mengungguli juara bertahan, yakni Provinsi Jawa Barat (Jabar), yang hanya memeroleh 10 emas, 6 perak, dan 11 perunggu dengan total 27 medali. 

Di tempat ketiga, ada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan 15 medali, dengan rincian 4 emas, 2 perak, dan 9 perunggu. Total medali yang mereka dapatkan berjumlah 15.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun, menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Kalsel yang berhasil menyabet juara umum.

"Selamat buat Provinsi Kalsel, mari kita berikan applause," ujarnya.


Sebagai tuan rumah, dia menilai Provinsi Kalsel telah memberikan standar baru pada pelaksanaan Porwanas. Pencapaian ini harus diikuti oleh daerah lain yang akan menggelar Porwanas pada 2027 mendatang.

"Standarnya harus standar Kalsel. Ini tidak mudah. Makannya enak, transportasi lancar, fasilitasnya lapangan pertandingan juga bagus," katanya.

"Saya yakin Porwanas ini adalah yang terbaik dari yang pernah ada," tambahnya.

Tidak berbeda, Ketua Umum PWI Provinsi Kalsel Zainal Helmie meras gembira karena awalnya hanya menargetkan tiga besar. 

“Kalsel mampu memutus predikat juara bertahan Jabar tiga kali berturut-turut,” terangnya.

Dijelaskannya, dalam even Porwanas XIV Kalsel 2024 ada beberapa cabor PWI Kalsel yang membuat kejutan, misalnya seperti Balogo yang menyapu bersih tiga medali emas. Begitu juga dengan catur yang menyabet lima medali emas dari 10 medali emas yang diperebutkan. Termasuk tenis meja yang selama 22 tahun menjadi langganan perunggu dan bisa medali emas. 

“Namun kita juga tetap akan melakukan evaluasi menghadapi Porwanas mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Asisten Bidang Admistrasi Umum Pemprov Kalsel Ahmad Bagiawan mengatakan, Porwanas merupakan wadah mempererat persaudaraan dan persatuan insan pers. 

“Kepada para juara kiranya menjadi motivasi dalam berpretasi di masa depan. Porwanas juga sebagai inspirasi untuk hidup sehat dan bugar,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yakni Asisten 1 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel Ahmad Bagiawan, menekan sirine tanda penutupan Porwanas didampingi Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua SIWO PWI Pusat Agus Susanto dan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.

Penutupan dihadiri oleh ribuan atlet kontingen Porwanas. Dalam kesempatan ini juga digelar malam ramah tamah sekaligus penutupan Porwanas juga diisi dengan pengumuman pemenang cabang karya jurnalistik. Dalam kesempatan tersebut kontingen Kalsel berhasil meraih emas pada nomor lomba reportase radio atas nama Rini Dwi Masmuda. Sementara pada karya videografi, fotografi flora dan fauna dan fotografi budaya, masing-masing menyumbangkan perak.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال