Pamor Borneo 2024: Mendorong Pertumbuhan Inklusif Melalui Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi"

 

KONFRENSI PERS: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel saat menjelaskan terkait even Pamor Borneo 2024 - Foto Dok Istimewa

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dalam upaya memperkuat pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan yang inklusif dan berkelanjutan, serta sebagai salah satu rangkaian dari perayaan HUT Kalimantan Selatan (Kalsel) ke-74, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel bersama Pemerintah Provinsi Kalsel akan menggelar acara tahunan bergengsi, Pamor Borneo 2024. 

Acara ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 10 hingga 14 Agustus 2024 di Duta Mall Banjarmasin dengan mengusung tema "Innovative Pathways: Driving South Borneo Economic Development with Trade, Tourism, and Investment.".

"Pamor Borneo sendiri adalah acara yang telah menjadi agenda tahunan sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2020. Acara ini dirancang untuk menjadi platform strategis dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah, mempromosikan potensi pariwisata lokal, serta mempercepat implementasi proyek investasi unggulan. Pamor Borneo 2024 menjadi bagian integral dari strategi pengembangan ekonomi Kalimantan Selatan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kontribusi daerah terhadap perekonomian nasional dan global," ujar Kepala Perwakilan BI Kalsel Fadjar Majardi, Kamis (9/8/2024) lalu.


Acara tahun ini bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalsel ke-74 dan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BBI-BWI). Dengan fokus pada tiga pilar utama—perdagangan, pariwisata, dan investasi—Pamor Borneo 2024 bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang luas bagi masyarakat dan perekonomian Kalsel.

Kegiatan Utama di Pamor Borneo 2024 diantaranya Showcasing Produk UMKM dan Pariwisata, Sosialisasi dan Edukasi, Pertemuan One-on-One Meeting dengan Investor, Pekan QRIS Nasional 2024 (PQN) hingga Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024.

Selain itu, Pamor Borneo 2024 juga akan disinergikan dengan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024, yang akan diadakan pada 16 hingga 18 Agustus 2024 di Istora Senayan, Jakarta. FERBI 2024 mengusung tema “Rupiah Ambassador of Indonesia” dan bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air melalui berbagai kegiatan seperti CBP Rupiah Championship, Program Pejuang Rupiah, dan edukasi mengenai Cinta Bangga Pake Rupiah (CBP Rupiah). FERBI juga akan menyasar berbagai lapisan masyarakat, termasuk anak-anak, mahasiswa, tenaga pendidik, dan ibu rumah tangga.

"Pamor Borneo 2024 diharapkan dapat memperkuat sinergi antara berbagai pemangku kepentingan, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Kami optimis bahwa acara ini akan menjadi platform penting dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh pelaku ekonomi di Kalsel," tukasnya.

Sumber: BI Provinsi Kalsel

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال