Pemkab Kapuas Laksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Bagi Lansia

SAPA LANSIA: Pj Bupati Kapuas H Darliansjah menyapa salah seorang lansia peserta operasi katarak gratis – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas terkait melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis bagi lanjut usia (lansia) yang tidak mampu di Vision Center, Jalan Jepang Kuala Kapuas, Jumat (16/8/2024).

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024 tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas H Darliansjah didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hj Lisdayanti.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kapuas H Darliansjah mengatakan bahwa operasi katarak yang diselenggarakan ini mendapat atensi yang baik dari masyarakat Kapuas. Darliansjah berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kendala.

“Terima kasih banyak atas kehadirannya di Vision Center ini dalam rangka bakti sosial operasi katarak gratis. Kami juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Perangkat Daerah terkait yang menyelenggarakan kegiatan ini. Saya doakan kepada bapak/ibu semua semoga cepat sehat,” ucap H Darliansjah.

Turut hadir dalam kegiatan bakti sosial ini para Asisten Sekda Kabupaten Kapuas, Ketua DWP Kabupaten Kapuas Dr Apollonia Septedy, Kepala Dinas Sosial Kapuas Yanmarto, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Tonun Irawaty Pandjaitan, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas serta para peserta Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Bagi Lansia.

Untuk diketahui, katarak merupakan penyakit mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Kondisi ini terjadi ketika lensa mata alami yang biasanya jernih, mengeras dan menjadi keruh.

Lensa yang keruh ini menghalangi cahaya masuk ke retina, sehingga penglihatan menjadi tidak jelas atau kabur.

Perlu diperhatikan, penyakit ini menjadi salah satu penyebab kebutaan utama di Indonesia, khususnya orang dewasa di usia 50 tahun, sebanyak kurang lebih 80 persen.

Penulis: Gus

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال