Pengembangan SDM Kunci Utama Pembangunan Berkelanjutan di Kalteng

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Provinsi Kalteng Komisi IV Jubair Arifin - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Komisi IV Jubair Arifin, menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai kunci utama dalam mencapai pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Ia menyatakan bahwa fokus pada pengembangan SDM akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan wilayah.

"Pengembangan SDM ini bisa kita katakana kebutuhan jangka panjang, tujuannya pasti tidak lepas dari bagaimana pembangunan ke depan," ujarnya, Jumat (23/8/2024).


Ia menjelaskan, SDM yang siap dan berkualitas akan mampu menghadapi berbagai tantangan pembangunan yang semakin kompleks di masa depan.

Selain itu dirinya juga menyoroti pentingnya kebijakan yang mendukung pengembangan SDM, seperti pendidikan pada semua jenjang, program pelatihan kemampuan, dan pemberdayaan masyarakat.

Kebijakan-kebijakan tersebut dianggap mampu berkontribusi besar dalam meningkatkan kualitas SDM di Kalimantan Tengah.

"Hanya saja yang memang perlu dipahami kalau peningkatan kualitas SDM melibatkan tidak hanya pendidikan formal tetapi juga pelatihan keterampilan, pembinaan karakter, dan program pemberdayaan," ungkapnya.

Dengan pendekatan menyeluruh ini, dirinya yakin bahwa SDM Kalteng dapat menjadi penggerak utama pembangunan berkelanjutan. Ia menegaskan bahwa langkah-langkah strategis yang direncanakan dengan baik akan memungkinkan pemanfaatan potensi SDM secara optimal dan berkelanjutan.

"Intinya kalau pembangunan berkelanjutan ini sudah pasti kegiatan fisik. Tapi perlu juga kita lihat hal lain yang sekiranya memberi dampak besar terhadap kegiatan tersebut, ya itu sudah pasti SDM," pungkasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال