PT Borneo Indobara Bantu Penyediaan Air Bersih di Desa Makmur dengan Menggelar Workshop Tata Kelola Kelembagaan KSPAMS

WORKSHOP: 25 orang peserta mengikuti workshop tata kelola kelembagaan pengelolaan air bersih di Desa Makmur yang digelar PT BIB – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - PT Borneo Indobara (BIB) menggelar workshop mengenai tata kelola kelembagaan khususnya untuk pengelolaan air bersih di Desa Makmur, Kecamatan Angasana, Kabupaten Tanah Bumbu, hari Senin (26/8/2024) tadi. 

Workshop ini dihadiri kurang lebih 25 orang peserta dari kelompok pengelola air bersih Desa Makmur, jajaran Pemerintah Desa Makmur, pihak Perkumpulan Warga Mandiri Bersama, pengelola Kredit Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (KSPAMS) Desa Banjarsari dan juga dari pihak Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Workshop.

Pada workshop kali ini, PT BIB tidak hanya melibatkan tenaga ahli dari Pamsimas tetapi juga berkolaborasi dengan KPSPAM Desa Banjarsari untuk dapat memberikan testimoni dan sharing knowledge sebagai kelompok dampingan CSR BIB yang telah berhasil dalam mengelola sumber air di Desa Banjarsari.

Terdapat dua materi yang diberikan di workshop kali ini, yang pertama adalah materi tentang penguatan Kelembagaan KPSPAMS dan tata kelola administrasi KSPAMS yang disampaikan oleh Ketua Pamsimas Tanah Bumbu Gunadi.

Materi kedua tentang sharing knowledge dan juga testimoni KSPAMS yang disampaikan pengelola KSPAMS Tirta Wangi Desa Banjarsari, Sundari Puji Rahayu.

Dalam paparannya, Sundari memberikan beberapa pengalaman awal mula mereka mengelola kelembagaan KSPAMS sampai di titik sekarang yang sudah bisa dibilang sukses.

Menurutnya, penyaluran air bersih yang dilakukan KPSPAMS Tirta Wangi telah 100 persen tersalurkan ke masyarakat Desa Banjarsari yang airnya kini bisa digunakan oleh masyrakat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Pengelolaan air bersih ini melalui beberapa proses yang panjang sampai sekarang dari kesulitan air lalu menggunakan sumur bor, sampai menggunakan embung dan sekarang memakai Void Andaru yang disupport oleh PT BIB,” jelas wanita yang akrab disapa Ayu ini.

Sementara itu, Gunadi meminta kepada masyrakat Desa Makmur untuk memulai melakukan sosialisasi pemahaman ke masyarakat tentang KPSPAM agar nantinya ketika sudah berjalan, mereka bisa bergotong royong mengelola KPSPAM. 

Departemen Head Empowerment and Development CSR PT BIB, Silvyna Aditia menyampaikan pihaknya tidak hanya menyelesaikan proses konstruksi pengadaan sumber air bersih, tetapi juga memastikan bahwa tata kelola kelembagaan, perizinan, dan aspek lainnya dapat berjalan dengan baik. 

“Partisipasi aktif dari semua pihak terkait dibutuhkan untuk mengelola infrastruktur air bersih ini secara mandiri dan berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat desa dalam jangka panjang,” ujarnya.

Menurutnya, CSR PT BIB akan selalu siap mendampingi masyarakat untuk dapat mengelola KPSPAM sampai dengan mandiri. 

Dalam kesempatan ini, Silvyna juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pamsimas dan KPSpam Desa Banjarsari yang telah mau berbagi ilmu dengan teman-teman KPSPAM di Desa Makmur yang baru akan mulai mengelola sumber air bersih yang saat ini sedang diprogresskan untuk infrastrukturnya oleh PT BIB dan juga mitra haulingnya. 

“Masyarakat Desa Makmur yang hadir sangatlah menginginkan air bersih ini nantinya dapat digunakan sehari hari mengingat desa makmur ini terkadang ketika musim kemarau panjang beberapa sumber air yang biasanya digunakan masyrakat akan kering,” katanya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال