Sambangi Polres Balangan, Puluhan Siswa TK Pembina Paringin Selatan Diajari Tentang Tertib Berlalu Lintas

EDUKASI SISWA TK: Kasatlantas Polres Balangan, Iptu Simon mengedukasi langsung puluhan siswa TK Pembina Paringin Selatan tentang aturan tertib berlalu lintas – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Polres Balangan kedatangan puluhan siswa TK Pembina Paringin Selatan, Rabu (14/8/2024).

Kedatangan para siswa yang didampingi oleh guru mereka ini, langsung disambut oleh jajaran Satlantas Polres Balangan. 

Antusias anak-anak TK yang datang ke Polres tak terindahkan. Apalagi mereka bisa berinteraksi dan merasakan keramahan anggota Satlantan Polres Balangan.

Anak-anak ini juga diajak bermain di kawasan Taman Lalu Lintas yang ada di halaman belakang Mako Polres Balangan.

Dipandu anggota Lantas Polres Balangan dan dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Balangan, Iptu Simon, anak-anak pun terlihat ceria dan selalu penasaran akan apa yang ia lihat dan baru kenal. 

Turut terlibat, Kasi Humas Polres Balangan, Iptu Eko Budi Mulyono yang sebelumnya juga pernah menjadi bagian dari Satlantas Polres Balangan.

Meski masih anak-anak, edukasi tentang lalu lintas dan mengenal sosok polisi diajarkan oleh Iptu Simon kepada siswa TK ini. 

Iptu Simon menjelaskan, pembelajaran sembari bermain tersebut merupakan salah satu program Satlantas Polres Balangan yakni Polisi Sahabat Anak.

Iptu Simon menerangkan, Polres Balangan terbuka untuk menerima kunjungan pelajar, baik tingkat PAUD hingga SLTA, apabila ada program belajar di luar ruangan dan  ingin menggali pengetahuan tentang tugas polisi, khususnya Satlantas Polres Balangan.

"Selain siswa yang bertandang ke Polres, Satlantas Polres Balangan juga jemput bola ke sekolah-sekolah," katanya.

Tentunya, dalam program Polisi Sahabat Anak tersebut yang memberikan edukasi kepada anak-anak, khususnya PAUD, anggota kepolisian ujar Iptu Simon bisa menyesuaikan diri.

Edukasi sembari bermain dan memberikan pemahaman terhadap anak-anak saat memberikan pengetahuan lalu lintas dikemas dengan cara ramah anak. 

"Melalui program Polisi Sahabat Anak, Satlantas Polres Balangan berupaya agar anak-anak bisa belajar sekaligus bermain dan paham tentang berlalu lintas," ujarnya.

Ia pun berharap melalui kegiatan tersebut, anak-anak tak lagi takut terhadap polisi, melainkan merasa senang dan nyaman saat berinteraksi. 

Tidak kalah penting, edukasi yang diberikan mampu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya taat dalam berlalu lintas.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kasi Humas Polres Balangan, Iptu Eko Budi Mulyono. Sebutnya program Polisi Sahabat Anak merupakan kegiatan rutin dari Satlantas Polres Balangan.

"Dari program ini, bukan hanya anak-anak yang belajar tentang polisi, tapi anggota kepolisian juga harus bisa memberikan edukasi dengan cara yang dipahami anak-anak," katanya.

Polisi Sahabat Anak kata Iptu Eko bertujuan untuk semakin mendekatkan anak-anak tentang polisi sejak dini. Sehingga harapnya anak-anak dapat mengenal fungsi Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال