Srikandi DPRD Kalsel Hadiri Rakernas KPPI Bahas Keadilan Gender dalam Politik

RAKERNAS: Rapat Kerja Nasional Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) di Hotel Mangkuluhur ARTOTEL Suites, Jakarta Selatan. (Foto: Humas DPRD Kalsel)

BORNEOTREND.COM
, KALSEL- Srikandi "Rumah Banjar" dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) yang mengusung tema “Semangat dan Peran Kaukus Perempuan Politik Indonesia Dalam Transisi Politik 2024” di Hotel Mangkuluhur ARTOTEL Suites, Jalan Gatot Subroto Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Selasa (06/08).

Rakernas KPPI yang bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia ini bertujuan untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dalam dunia politik Indonesia.

Ketua MPR RI, Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E., S.H., M.B.A., dalam sambutannya menekankan pentingnya kualitas dan kapabilitas dalam politik.

“Dalam berpolitik, tidak lagi soal laki-laki atau perempuan, namun yang terpenting adalah kualitas dan kapabilitas masing-masing individu. Yang perlu diperbaiki adalah sistem politik kita agar dapat mendorong dan meningkatkan keikutsertaan perempuan dalam politik,” ujar Bambang Soesatyo.

 

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KPPI Kalsel, Hj. Dewi Damayanti Said, SE., MM, yang ditemui di sela kegiatan yang berlangsung pada 6 hingga 7 Agustus 2024, menjelaskan bahwa Rakernas KPPI bertujuan untuk mengevaluasi hasil pemilu dan ketercapaian serta keterwakilan perempuan.

“Rakernas KPPI ini dilaksanakan oleh DPP KPPI dan dihadiri oleh DPD dari seluruh Indonesia untuk mengevaluasi hasil pemilu lalu, melihat ketercapaian dan keterwakilan perempuan apakah sudah mencapai 30 persen, serta membahas hambatan dan kendala dalam menghadapi pilkada,” ujar Dewi Damayanti.

Sekretaris DPD KPPI Kalsel, Dra. Hj. Rachmah Norlias, menambahkan harapan untuk peningkatan peran dan keikutsertaan perempuan.

“Dengan adanya Rakernas KPPI, kami berharap peran dan keikutsertaan perempuan akan meningkat, serta tingkat partisipasi pemilih juga akan lebih baik. Kami berharap dalam raker di daerah dapat turut mendukung suksesnya pilkada serentak tahun 2024,” pungkas Rachmah.

Sumber: Humas DPRD Kalsel

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال