Survey LSPP Tempatkan Hj Ananda Jadi Calon Wakil Walikota Banjarmasin Terpopuler

SENYUM: Calon Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda saat mengikuti kegiatan lomba kemerdekaan bersama Insan Pers belum lama tadi - Foto Dok Istimewa

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Lembaga Studi Politik dan Pemerintahan (LSPP) Kembali merilis tingkat elektabilitas tokoh di Provinsi Kalsel pada periode survey 12 - 18 Agustus 2024.

Hasilnya dalam survey tersebut, Hj Ananda menempati urutan teratas sebagai Calon Wakil Walikota Banjarmasin terpopuler berdasarkan survey. Dalam survey tersebut Hj Ananda menempati urutan teratas dengan presentasi 34 persen, lalu disusul oleh M Supian Akbari sebesar 30 persen, kemudian M Faisal Hariyadi sebesar 28 persen dan tidak menjawab sebanyak 8 persen.

Dalam survey itu, LSPP juga merilis alasan mengapa masyarakat Kota Banjarmasin memilih pemimpin berdasarkan usia tokoh. Hasilnya 70 persen memilih karena umur si calon mencapai 41-45 tahun. Lalu 18 persen memilih karena umur si calon mencapai 46 - 50 tahun. Lalu ketiga 10 persen memilih karena umur si calon mencapai 36 - 40 tahun dan terakhir 2 persen memilih karena umur si calon mencapai 50 tahun.

Kemudian LSPP juga merilis alasan mengapa masyarakat Kota Banjarmasin memilih pemimpin berdasarkan sosok tokoh. Hasilnya sebanyak 62 persen memilih si calon karena merakyat. Lalu 34 persen memilih si calon karena merupakan pemimpin yang cerdas. Terakhir masing-masing 2 persen memilih si calon karena amanah dan pemimpin yang agamis.

Lalu dalam survey tersebut LSPP juga merilis alasan masyarakat Kota Banjarmasin memilih pemimpin berdasarkan informasi yang diperoleh. Hasilnya sebanyak 68 persen memilih berdasarkan informasi dari media sosial, lalu 12 persen dari media online, kemudian 10 persen dari koran, selanjutnya 4 persen dari televisi dan masing-masing 2 persen dari media promosi, baliho dan tidak menjawab.

Survey ini sendiri mengambil metode Multistage sampling, yaitu adalah metode pengambilan sampel yang membagi populasi menjadi beberapa kelompok atau cluster untuk melakukan penelitian. Ada pun jumlah sample keseluruhan mencapai 383 orang untuk laki-laki dan 381 orang untuk perempuan.

Memang jika melihat rekam jejak beberapa Calon Wakil Walikota Banjarmasin yang muncul di Pilkada Banjarmasin beberapa Waktu terakhir, cukup wajar Hj Ananda menempati posisi teratas. Hal itu mengingat rekam jejak yang bersangkutan memang cukup panjang dengan seabrek prestasi dan pengalaman.

Waktu sebelum memutuskan menjadi politisi, Hj Ananda sendiri dikenal sebagai artis asal Banua yang cukup sukses di ibukota. Tidak hanya itu dirinya pun saat itu berhasil memperoleh puncak karir dengan menjadi Runner-up 1 Puteri Indonesia 2006 dan bergelar Puteri Indonesia Lingkungan 2006. Dirinya bahkan mewakili Indonesia di ajang Miss Asia Pacific International 2007 di Manila, Filipina.

Setelah memutuskan menjadi seorang politisi, karirnya pun juga cukup gemilang. Bahkan pernah mencapai posisi dilegislatif sebagai Ketua DPRD Kota Banjarmasin dan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin. Dirinya pun juga pernah dipercaya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin sebelum memutuskan hijrah ke Partai Nasdem hingga sekarang dengan menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Banjarmasin.

Lalu di Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020 silam, Hj Ananda juga pernah menjadi Calon Walikota Banjarmasin berpasangan dengan H Ustadz Mushaffa Zakir. Walau pun Waktu itu Hj Ananda harus berbesar hati karena kalah dari petahana, yakni H Ibnu Sina.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال