Target Produksi Ternak di Batola Diklaim Tercapai

 

WAWANCARA: Kepala Disbunak Kabupaten Batola Suwartono - Foto Dok Istimewa

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batola mengklaim, target peternakan telah mencapai puncak produksi ternak di Batola.

“Alhamdulillah dari stok dan keperluan sudah terlampaui yang dalam artian keperluan untuk Batola sudah tercapai bahkan lebih dan untuk kelebihan itu akan di distribusikan ke berbagai kabupaten dan provinsi tetangga lainnya,” ujar Kepala Disbunak Kabupaten Batola Suwartono, Senin (12/8/2024).


Berkaitan dengan berbagai kegiatan dari Disbunak, dirinya menjelaskan di bidang kesehatan hewan secara kontinyu telah rutin diadakan pemeriksaan kesehatan. 

Terkait penyakit mulut dan kuku juga penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dirinya mengaku dari tim Kesehatan Hewan telah rutin dilaksanakan pemeriksaan setiap ternak yang datang dari luar Batola.

Ia pun menjelaskan pula bahwa penyakit di berbagai hewan itu termasuk sangat mengkhawatirkan dan bergejolak di masyarakat. 

"Memang bahwa penyakit tersebut tidak termasuk membahayakan hanya saja dari segi ekonomi sangat berpengaruh besar," tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Disbunak Kabupaten Batola Dyah Istininingsih, S.Pt menambahkan, bahwa pihak Disbunak Batola telah menjamin kesehatan hewan ternak yang datang ke wilayah Batola dengan melaksanakan pengecekan hewan di lapangan saat lintas ternak dan bongkar muatan di kecamatan Mandastana, Rantau Badauh dan Wanaraya.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال