Wah, Elektabilitas Sukamta Tertinggi di Hasil Survei ALGORITMA Pada Pilkada Tala 2024

 

KONFRENSI PERS: Lembaga Riset dan Konsultansi Politik ALGORITMA saat menggelar Konfrensi Pers terkait hasil Survey kandidat di Pilkada Tala tahun 2024 - Foto Dok Lita

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Lembaga Riset dan Konsultansi Politik ALGORITMA merilis hasil survei sejumlah nama yang potensial bertarung di Pilkada Tanah Laut (Tala) 2024. 

Dari sejumlah nama yang muncul, mantan Bupati Tala periode 2018-2023 Sukamta menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Riset, Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik ALGORITMA Fajar Nursahid, Minggu (4/8/2024) dalam Konfrensi Pers di Banjarmasin.

“Dalam survei yang baru saja kami lakukan ini, tingkat elektabilitas Bupati Tala periode 2018-2023 Sukamta terlihat mendominasi. Yang terdekat level elektabilitasnya dengan Sukamta adalah Pj Bupati Tala Syamsir Rahman yang kelihatannya tidak akan berlaga di Pilkada 2024 pada 27 November nanti,” tegasnya.


Dirinya juga menjelaskan, pada survei ini urutan elektabilitas tokoh dari sisi top of mind responden paling tinggi adalah Sukamta di angka 31,8%. Kemudian disusul Pj Bupati Tala Syamsir Rahman, lalu Calon Legislatif DPR RI terpilih Endang Agustina 9,6% dan mantan Bupati Tala 2013-2018 Bambang Alamsyah di angka 8,2%.

“Kami melihat masyarakat Tala ini memiliki tingkat interaksi yang cukup tinggi dengan para tokoh politik di daerahnya. Hingga 80,2% responden menyatakan bahwa para tokoh politik di Tala pernah datang berkunjung ke sekitar lokasi tempat tinggal responden. Dari empat calon bupati dengan elektabilitas tertinggi, Sukamta yang tingkat interaksinya sangat baik dengan masyarakat, hingga 58,2% responden mengaku tempat tinggalnya pernah dikunjungi oleh Bapak Sukamta, jauh meninggalkan Bapak Syamsir Rahman di angka 12,2%, Bambang Alamsyah 8% dan Endang Agustina 6,6%,” terang dia.

Sementara untuk bursa calon wakil bupati sangat kompetitif diisi empat nama dengan elektabilitas tertinggi yaitu Wakil Bupati Tala 2018-2023 Abdi Rahman di angka 9,1%, Endang Agustina 8,2%, Anggota DPRD Tala Yoga Pinis Suhendra 7,3%, serta Sekretaris Daerah Tala 2020-2024 Dahnial Kifli di angka 6,9%.

“Sekali lagi para tokoh yang memiliki level elektabilitas tinggi ditopang oleh level interaksinya ke masyarakat yang tinggi," tambahnya lagi.

Selain itu dalam survey kali ini antusiasme masyarakat Tala menghadapi Pilkada 2024 sangat tinggi. Meskipun hanya 66,4% responden yang tahu persis tanggal pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Sebesar 92,3% responden menyatakan antusismenya akan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya di Pilkada Pilkada Tala 2024,” bebernya.

Kemudian masyarakat memiliki tingkat kepuasan yang cukup tinggi terhadap kinerja pemerintahan kabupaten lima tahun terakhir yang dipimpin Bupati Tala periode 2018-2023 Sukamta, lalu dilanjutkan Penjabat Bupati (Pj) Syamsir Rahman. 

“Hanya 7,3% masyarakat Tala yang merasa tidak puas, sementara 58,9% lainnya menyatakan puas, 32,4% biasa saja dan 1,3% tidak tahu,” tuturnya.

Dirinya pun bilang merujuk pada survei, masyarakat masih mendambakan Sukamta untuk kembali memimpin Tala.

"Hasil survei ini bisa menjadi rujukan bagi partai politik di Tala dalam memberikan rekomendasi bagi para kandidat yang akan bertarung di Pilkada 27 November 2024 mendatang," tukasnya.

Sekadar diketahui, survei ALGORITMA dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap 450 responden di Kabupaten Tala terbagi secara proporsional berdasarkan data pemilih.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال