Apel Siaga Bencana dan Peralatan, Sekda Ambo Sakka Ingatkan BPBD Tanbu Tentang Deteksi Dini Penanganan Bencana

INSPEKSI PERALATAN: Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, H Ambo Sakka melakukan inspeksi peralatan penanganan bencana – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu, H Ambo Sakka mewakili Bupati HM Zairullah Azhar mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu untuk lebih memerhatikan deteksi dini dalam penanganan bencana.

“BPBD agar mendeteksi dini berbagai potensi bencana sekaligus titik rawan bencana. Sehingga antisipasi termasuk mitigasinya itu bisa di deteksi dini,” katanya saat menghadiri Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jumat (13/9/2024).

Selain deteksi dini, Sekda juga meminta BPBD membuat perencanaan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas tentang apa yang akan dilakukan saat bencana dan bagaimana penanggulangannya, termasuk mitigasi bencana dan laporan dampak yang terkena bencana.

Setelah itu, lanjutnya, BPBD harus membangun sinergitas dengan pihak terkait lainnya karena penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah, BPBD, TNI, Polri, Basarnas dan berbagai Perusahaan, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak karena ini panggilan nurani untuk membantu sesama yang terdampak bencana.

“Semoga Tanah Bumbu dijauhkan dari bencana dan Insya Allah kita hidup selalu dengan keberkahan,” tutupnya.

Apel siaga bencana yang di hadiri perwakilan Forkopimda, perusahaan, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ini ditandai dengan penyerahan bendera kesiapsiagaan oleh Bupati Zairullah Azhar diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Ambo Sakka. Selanjutnya pemeriksaan pasukan.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال