Bakesbangpol Tanbu Gelar Road Show Forum Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Kuranji

ROAD SHOW: Kecamatan Kuranji dipilih menjadi lokasi road show Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu – Foto Dok Ist



BORNEOTREND.COM, KALSEL - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu  melaksanakan road show Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Kecamatan Kuranji, Kamis (12/9/2024).

Tujuan dari Road Show FKUB yaitu sebagai ajang bersosialisasi dan mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama yang dapat mendorong kerukunan dan toleransi di antara berbagai elemen masyarakat.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuranji turut menghadiri kegiatan tersebut.

Adapun di Kecamatan Kuranji terdapat banyak suku atau multi etnis di antaranya ada yang pemeluk agama Islam, agama Hindu, agama Kristen Protestan dan lainnya.

Kuranji menjadi kampung toleransi karena tidak pernah terjadi konflik dan perpecahan, baik antar suku, agama dan ras. Mereka semua hidup rukun damai dan berdampingan.

Sebagaimana dalam menyongsong Pilkada Tahun 2024, para tokoh memiliki peranan di masyarakat. Oleh karena itu, peran mereka sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman pelaksanaan Pilkada yang sesuai peraturan dan perundangan-undangan.

Terdapat 4 hal ancaman Pilkada yaitu mewaspadai politik identitas dan sara, politik uang, netralitas ASN dan ujaran kebencian serta dis informasi.

Ada 4 strategi Forum Komunikasi Umat Beragama dalam mewujudkan Pilkada aman dan damai yaitu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Menekan sentimen perbedaan agama ataupun aliran, mempromosikan modernisasi beragama, menolak ekstremisme beragama.

Selain itu, penting dalam menguatkan fatsoen politik yang mengacu pada (suatu proses atau aktifitas politik yang mengandung asa-asas etika keadaban, tatakrama) di kalangan umat beragama dan mengedepankan mediasi dalam penyelesaian masalah.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال