Diikuti Ratusan Peserta, Baayun Maulid Disambut Atusias Warga Banjarmasin

BAAYUN: Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin HM Ariffin Noor saat hadir dalam kegiatan acara tradisi baayun Maulid, senin (16/9/2024) di Halaman Masjid Sultan Suriansyah - Foto Dok Arum


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Memperingati bulan kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW, ratusan warga antusias acara tradisi baayun Maulid, senin (16/9/2024) di Halaman Masjid Sultan Suriansyah.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, peserta Baayun Maulid tahun ini diikuti oleh ratusan peserta baik dari dalam maupun luar kota Banjarmasin, termasuk masyarakat sekitar Kuin. 

"Alhamdulillah hari ini bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita laksanakan tradisi positif yang sudah berusia ratusan tahun yakni Baayun Maulid," katanya.


Ada sekitar 344 peserta mulai dari usia paling muda 7 hari hingga usia paling tua 79 tahun. 

Ia menuturkan, bahwa tradisi Baayun Maulid merupakan simbol untuk memuliakan bulan Maulid sekaligus sebagai salah satu bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, ujarnya para tetuha (leluhur, red), guru guru kita di Banjarmasin mengajarkan setiap peringatan Maulid itu agar anak anak di 'Ayun'. Sehingga mereka sedikit banyaknya paham akan sejarah dari kehidupan nabi.

"Ini juga menegaskan bahwa sesuai tuntunan syariat Islam, anak-anak itu nanti akan mengikuti berbagai macam prosesi setelahnya, seperti sunat kah misalnya, atau ada yang belum di Tasmiyah, diberi nama dulu," terang dia.

Sehingga tambahnya penting untuk mendekatkan anak-anak kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW. 

Ia pun berharap setiap tahun Baayun Maulid ini bisa  dilaksanakan agar bisa melestarikan budaya yang sudah berusia ratusan tahun.

Penulis: Arum

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال