DK Kalsel Gelar Malam Apresiasi Untuk Mengenang YS Agus Suseno

 

Taufik Arbain, Ketua Dewan Kesenian Kalsel.
(Foto: nett)

BORNEOTREND.COM - Dewan Kesenian (DK) Kalimantan Selatan, Minggu malam ini (22/9/2024) akan menggelar diskusi sekaligus menampilkan beberapa karya almarhum YS Agus Suseno. Kegiatan tersebut digelar di panggung terbuka Bakhtiar Sanderta, Taman Budaya Kalsel Banjarmasin.

Kegiatan ini digelar, menurut Ketua Dewan Kesenian Kalsel Taufik Arbain, pertama patut dan penting insan seniman, budayawan dan sastrawan serta peminat seni budaya untuk memberikan apresiasi atas peran dan dedikasi almarhum di dalam berkesenian dan berkebudayaan di banua ini.

"Oleh karena itu, kami mengambil tema besar YS Agus Suseno: Pikiran, Tindakan dan Warisan Kebudayaan. Kedua, tentu hal ini untuk memberikan inspirasi bahwa insan seni budaya memiliki zaman dan panggungnya sendiri dalam mengomunikasikan peran dirinya terlebih memberikan masukan dan kritikan, tidak semata hiburan. Almarhum Agus elama ini nampaknya beliau memilih mazhab sense of critics dari panggilan jiwanya diluar dari banyak pihak bersetuju atau tidak bersetuju. Setidaknya ia telah jelas dan terang mewakapkan dirinya pada pilihan itu," ujar Taufik Arbain.

Ketiga, menurutnya, Dewan Kesenian Kalsel sendiri berkepentingan dalam menggelorakan bagaimana kita harus menghargai karya-karya seni budaya, tidak sekadar saat hidup, tetapi meski pengkarya itu telah tiada. Boleh jadi "hadirnya jasad tiada berupa, tetapi warisan budaya abadi nyata."

"Gagasan diskusi dengan tema ini terinspirasi ketika ketidaksempatan diri saya dikabarkan untuk menghantarkan jenazah ke pemakaman. Dapat kabar Pak Tarmuji Sekretaris DKKS untuk menghadiri pemakaman tersebut. Lalu saya katakan kita adakan segera setelah ini diskusi mengenang pikiran, tindakan dan warisan budaya almarhum YS Agus Suseno, sebagai bentuk apresiasi lembaga Dewan Kesenian Kalsel," ungkap Sekretaris Kerukunan Bubuhan Banjar Sa-dunia ini.

Taufik berharap agar insan seniman, sastrawan, budayawan juga masyarakat pencinta karya dan sosok almarhum YS Agus Suseno bisa berhadir di acara tersebut, sekaligus melaksanakan doa bersama untuk almarhum. Acara ini juga didukung oleh pihak UPTD Taman Budaya Kalsel.

Editor: Khairiadi Asa


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال