DKP3 Banjarbaru Lepas 5000 Benih Ikan di Embung Kelurahan Cempaka

 

Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Abu Yajid Bustami melepas benih ikan gurami di Embung Kelurahan Cempaka. Foto-dok.Media Centre Kota Banjarbaru

BORNEOTREND.COM, KALSEL - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru telah melaksanakan Restocking (Pelepasliaran) Benih Ikan Lokal Gurami berlokasi di Embung Kelurahan Cempaka, Rabu (11/09/2024). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya melestarikan sumber daya perikanan dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem perairan serta meningkatkan populasi ikan di perairan. 

Total sebanyak 5000 benih ikan gurami yang dilepas oleh Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Abu Yajid Bustami bersama perwakilan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah upaya ini bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan di perairan umum, dan juga menjaga ekosistem keanekaragaman hayati,” ujar Abu Yajid usai pelepasan benih ikan gurami.


Lanjut Abu Yajid, dalam kesempatan ini yang terpenting adalah dalam rangka meningkatkan ketersediaan produksi ikan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

“Harapan kami ke depan embung ini bisa berkembang selain menjadi budidaya ikan, namun bisa menjadi tempat wisata bagi masyarakat sekitar daerah Cempaka. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan dan kami berpesan kepada Pokmas agar menjaga dan memelihara embung ini,” ucapnya.

Benih ikan gurami dipilih karena merupakan salah satu ikan lokal yang memiliki gizi yang tinggi, nilai ekonomi tinggi dan mudah berkembang biak di perairan tawar.

DKP3 Kota Banjarbaru juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan perairan, khususnya di Embung Kelurahan Cempaka, dengan tidak melakukan aktivitas yang merusak ekosistem. 

Sumber: Media Centre Kota Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال