Eddy Raya Syamsuri Apresiasi Tim Seni Budaya Barito Selatan Raih Juara Dunia World Championship of Folklore XIV di Bulgaria

PENGHARGAAN: Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas PUPR Ita Minarni (kiri atas). Eddy Raya Samsuri memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Tim Seni Budaya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan (kanan atas) – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Tokoh masyarakat Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Eddy Raya Samsuri memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Tim Seni Budaya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan yang berhasil menjadi Juara Dunia World Championship of Folklore XIV serta Absolute World Champion of Folklore for 2024 yang berlangsung di Bulgaria sejak tanggal 28 Agustus sampai 1 September 2024.

Dalam kegiatan World Championship of Folklore XIV itu, tim Seni Budaya yang diketuai Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan dan dilepas oleh Kepala Dinas PUPR Ita Minarni itu menampilkan delapan tarian tradisional, yakni Wadian Dadas, Wadian Bawo, Wurung Tiung, Wurung Juwe, Gunung Perak, Bulat, Apai Lawai Dayak Maanyan, dan rakyat.

Eddy Raya menilai, prestasi itu merupakan hal yang sangat membanggakan.

“Ini adalah momen yang sangat membanggakan. Tim Seni Budaya Kabupaten Barito Selatan bersama Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan telah berhasil menunjukkan kekayaan budaya kita di panggung dunia," ujarnya.

Bupati Barito Selatan periode 2017-2022 itu mengatakan, prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa kekayaan budaya tradisional Indonesia memiliki daya tarik yang kuat di mata dunia internasional. 

“Saya berharap prestasi ini dapat memotivasi generasi muda untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan lokal, serta memperkenalkannya ke pentas global,” katanya.

Selain itu, kemenangan ini juga diharapkan dapat membuka peluang bagi seni dan budaya Indonesia untuk lebih dikenal dan dihargai di tingkat internasional, serta menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam melestarikan warisan budaya mereka.

Penulis: Tri

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال