Hari Terakhir Event Rakernas dan Kongres JKPI ke-VI Banjarmasin Sajikan Gemerlap Karnaval Nusantara

 

RAMAI: Even Pawai Karnaval Budaya Nusantara dalam Rakernas dan Kongres JKPI ke-VI Banjarmasin pada Jumat (20/9/2024) malam - Foto Dok Arum


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Masih dalam semarak Hari Jadi ke-498 dan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke-VI, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar Pawai Karnaval Budaya Nusantara pada Jumat (20/9/2024) malam.

Sebelumnya para peserta pawai karnaval itu dilepas oleh Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman di Depan Tempekong Kawasan Siring Patung Bekantan menuju panggung kehormatan di Simpang 4 Jalan Lambung Mangkurat.

Parade pawai yang diikuti sebanyak 18 Kabupaten/Kota Pusaka itu menampilkan beragam kebudayaan, tarian dan kostum adat budaya Nusantara unggulan masing-masing daerah. Dalam kesempatan itu, juga diserahkan Petaka oleh Presidium JKPI kepada Kota Yogyakarta yang akan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan JKPI tahun 2025 mendatang.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, pawai karnaval tersebut merupakan rangkaian hari terakhir dari event Rakernas dan juga Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia di Banjarmasin.

"Dan malam ini adalah puncaknya yaitu event karnaval budaya yang diikuti  kota-kota di Indonesia yang menjadi anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia," ucap Ibnu.


Pada pergelaran pawai karnaval itu, dirinya juga menjelaskan ada 18 kabupaten/kota yang ikut serta. 

"Dari ujung Aceh (Langsa) kemudian paling timur (Ternate) mereka menampilkan budaya yang sangat beragam dan itulah Indonesia," jelasnya.

Ia pun bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak khususnya kepada panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik serta berjalan lancar.

"Mudah-mudahan, warisan budaya ini bisa terjamin kelestariannya dengan hadirnya Jaring Kota Pusaka Indonesia dan ini pertama kalinya kita laksanakan di titik Nol Kilometer di Banjarmasin yaitu di simpang empat Jalan Lambung Mangkurat," terangnya.

Maka dari itu Ibnu kembali mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota JKPI yang telah memilih Kota Banjarmasin sebagai Ketua Presidium JKPI periode 2024 hingga 2027.

"Terima kasih juga support teman-teman semua, terutama dari eksekutif dan juga seluruh anggota JKPI untuk kepemimpinan Kota Banjarmasin sebagai Ketua Presidium JKPI periode 2024-2027,” pungkasnya.

Penulis: Arum

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال