Jokowi Buka Secara Resmi PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024

 

Pembukaan PON 2024 di Aceh, Senin (9/9). Foto-ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna



BORNEOTREND.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi PON XXI di Aceh, Senin (09/09/2024) malam. 

PON XXI digelar pada 9-20 September 2024 pada tahun ini mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet.

PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi-event nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

PJ Gubernur Aceh Safrizal ZA selaku Ketua Bidang PB PON Wilayah Aceh dalam sambutannya menyampaikan kesiapan menjadi tuan rumah.

"Aceh 100 persen siap menyelenggarakan PON XXI 2024. Kami sambut dengan hangat. PON ini untuk merayakan kebersamaan untuk persatuan," kata Safrizal.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Marciano Norman mengaku optimistis PON 2024 bisa berjalan optimal dan sukses.

"PON berbeda karena diselenggarakan di dua provinsi dan diikuti 38 kontingen. Kami optimistis PON bisa bisa berjalan optimal dan mencapai empat sukses yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi," kata Marciano Norman.

Kemudian,Menpora RI Dito Ariotedjo berharap PON ini bisa memberikan semangat masyarakat untuk berolahraga dan bersatu.

"PON 2024 mengambil tema Ayo Olahraga, Bersatu Kita Juara. Harapannya masyarakat semakin gemar olahraga dan meningkatkan kebugaran dan bisa jadi alat pemersatu bangsa dan meningkatkan prestasi olahraga nasional hingga dunia," kata Dito.

Sementara itu Presiden Joko Widodo berharap PON 2024 bisa menjadi ajang yang melahirkan banyak atlet pemecah rekor dunia dan peraih medali emas di internasional.

"Melahirkan lebih banyak atlet pemecah rekor dunia, melahirkan lebih banyak peraih medail emas SEA Games Asian Games dan Olimpiade. Saya harap juga PON ini bisa menjadi ajang untuk semakin mempererat persatuan kita. Saya harap ajang ini juga untuk memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai satu bangsa. Saya titip fairplay," kata Jokowi.

"Semangat kebersamaan, sportivitas, dan kegembiraan untuk mengukir prestasi. Bismillahirahmanirahim PON XXI Aceh Sumatera Utara resmi saya buka," ucap Jokowi menambahkan.

Sumber: CNN Indonesia


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال