KPU Kalteng Rekrutmen Umumkan Pendaftaran KPPS

 

KONFRENSI PERS: Pengumuman pembukaan pendaftaran KPPS oleh KPU Kalteng - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALTENG- Komitmen Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk menggelar pesta demokrasi secara adil dan jujur semakin kuat. 

Salah satunya terbaru untuk menerima pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada Serentak 2024, KPU mengedepankan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan kemerdekaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota di Kalteng.

Anggota KPU Provinsi Kalteng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Harmain menjelaskan secara rinci tentang tahapan pendaftaran anggota KPPS. 

"Pendaftaran dibuka dalam kurun waktu 17 September hingga 28 September 2024. Setelah masa seleksi administrasi berakhir, hasil pengumuman akan diumumkan pada 30 September hingga 2 Oktober, kemudian tanggapan masyarakat akan dimulai pada tanggal 30 September hingga 5 Oktober," ujar Harmain, Selasa (17/9/2024) dalam acara jumpa pers yang di gelar di RPP KPU Kalteng.


Dirinya menambahkan para pendaftar yang memenuhi persyaratan akan diproses menjadi 7 anggota KPPS untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kalteng.

Para pendaftar harus memenuhi persyaratan seperti warga negara Indonesia yang berusia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki integritas yang tinggi. Kebutuhan total sebanyak 30.660 anggota KPPS untuk 4.380 TPS yang terdapat di wilayah Kalteng. 

"Melalui rekrutmen yang dilaksanakan, KPU berharap dapat menemukan orang-orang yang memiliki kemampuan dan tekad untuk menjunjung tinggi nilai demokrasi di daerah tersebut," tambahnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa siapa pun dapat mendaftar sebagai anggota KPPS asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Termasuk penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan kesehatan dan integritas.

Dalam acara jumpa pers singkat tersebut, KPU Provinsi Kalteng juga memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan demokrasi di Kalteng.

"Dengan bersama-sama menjaga integritas dalam pesta demokrasi, diharapkan wilayah Kalteng dapat melahirkan pemimpin yang jujur, adil, dan mampu membawa pembangunan yang bermartabat untuk seluruh masyarakat," tutup Harmain.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال