Mesin Pengolahan Air Baku Mejadi Ari Besih Diresmikan PT BIB

 

SIMBOLIS: Peresmian Mesin Pengolahan Air Baku Mejadi Ari Besih melalui dana CSR PT BIB, kamis (26/9/2024) di Kecamatan Angsana - Foto Dok Jack  


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Potabel Water Andaru CSR PT BIB (Borneo Indobara) di desa Banjarsari dan Desa Mekarjaya Kecamatan Angsana diresmikan, kamis (26/9/2024).  

Peresmian Potabel alat penyaring air baku menjadi air bersih siap konsumsi ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Coo PT BIB Raden Utoro dan GM Empowerment & Sustainability PT BIB Dindin.

Makimudin dilaporanya menyampaikan, ada tiga hal perlu disampaikan terkait program inisiasi HRD CSR PT BIB. Pertama program ini merupakan amanah Kepmen ESDM 1824 tahun 2018, salah satunya masalah kesehatan. 

"Saya selalu diingatkan Coo PT BIB Bapak Utoro, apa yang bisa kita kontribusikan kemasyarakat lingkar tambang, karena salah satu masalah di 22 desa lingkar tambang adalah masalah air dan ini belum bisa diselesaikan pihak berkompeten," katanya. 


Dia juga menyebutkan, pihaknya memberikan alternatif berkontribusi untuk mengatasi malasalah yang ada. 

"Ada kolam bekas tambang luasnya 34 hektar volume kapasitas airnya 84 juta kubik, kami diamanahkan manjemen tahun ini bagaimana PT BIB bisa berkontribusi mengatasi masalah air bersih," tambah Dindin. 

Lebih lanjut sebutnya, air menjadi daya dukung untuk pengendalian stunting, untuk itu bagaimana supaya masyarakat hidup menjadi bersih. 

"Ketiga air kolam Andaru ini sudah terserap sekitar 1600 kubik SR dan kami sudah memfasilitasi kemasyarakat tidak hanya dalam bentuk tandon, tapi sudah dalam bentuk pipa ke rumah-rumah  masyarakat. Pengelolaannya ditangani Badan Usaha Desa (BUMDES)," tandasnya. 

Sementara itu, Coo PT BIB Raden Utoro mengatakan, pihaknya melihat kebutuhan air masyarakat ring satu adalah kesulitan air.  

"Ini menjadi perhatian kami untuk  meyediakan air bersih bagi masyarakat di ring satu sekitar tambang," tukasnya.

Selain itu dirinya berharap, pasca tambang pihak nya bisa mewariskan yang bermanfaat kemasyatakat sekitar tambang.

Penulis: Jack 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال