Paman Birin Dorong Penguatan Sinergitas PTITD dan Martrisia-67 di Kalsel

 Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Rapat Pleno Tahun 2024 Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma dan Majelis Rohaniawan Tridharma (PTITD dan Matrisia) se-Indonesia. Foto-Dok.wasaka.kalselprov.go.id

BORNEOTREND.COM, KALSEL – Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Rapat Pleno Tahun 2024 Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma dan Majelis Rohaniawan Tridharma (PTITD dan Matrisia) se-Indonesia dibuka pada Jumat (27/09/2024) malam di Grand Ballroom Banjarmasin.

Pada kegiatan ini, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso bersama unsur forkopimda atau yang mewakili, Kementerian Agama Provinsi Kalsel, FKUB, pejabat Pemko Banjarmasin, dan pihak terkait lainnya.

Gubernur Paman Birin dalam sambutan tertulisnya mendorong PTITD dan Matrisia-67 untuk menguatkan koordinasi dan sinergitas yang baik dengan sesama pengurus maupun pemerintah daerah.

"Matrisia kiranya dapat menjadi simbol kerukunan umat beragama dengan menunjukkan sikap santun dan murah hati yang mengisi moderasi beragama di Kalsel," kata Paman Birin.

Paman Birin pun mendukung kegiatan mukernas yang dipercaya menjadi momen untuk menyatukan seluruh Tri Dharma yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Provinsi Kalsel memang dihuni mayoritas penduduk muslim, namun masyarakat mampu menghargai perbedaan dan menjaga toleransi antar umat beragama, sehingga tetap terjalin kerukunan dan kedamaian.

Pemerintah Provinsi Kalsel, lanjut Paman Birin, senantiasa menjamin kenyamanan dan keamanan umat beragama untuk beribadah dan melakukan aktivitas keagamaannya masing-masing.

Keberagaman agama suku ras dan budaya merupakan anugerah bagi alam semesta dan harus senantiasa dirawat dalam kasih dan harmoni.

Mukernas PTITD dan Matrisia ini diharapkan menjadi momentum untuk menyusun langkah-langkah strategis bagi kerja organisasi dalam rangka pelayanan ibadah dan kesejahteraan umat Tri Dharma.

Pembukaan mukernas dan rapat pleno ditandai dengan pemukulan bedug atau tambur barongsai oleh pejabat dan forkopimda yang hadir.

Herman Chandra selaku tuan rumah kegiatan sekaligus mewakili Ketua Umum Pengurus Pusat PTITDSI dan Martrisia 67, Ong Khing Kiong, menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam kegiatan yang berlangsung pada 27 – 29 September ini.

Mukernas digelar ujarnya, untuk mengevaluasi, merevisi, maupun menambah program kerja sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan saat ini.

Selain itu, akan jadi wadah mempererat hubungan komunikasi kekerabatan antara pengurus tempat ibadah Tri Dharma yang juga sebagai pengurus komda dan pusat di PTITD dan Matrisia sejak tahun 1967 ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Mukernas, Purnomo menyebutkan, kegiatan diikuti sekitar 220 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Mukernas dan rapat bertema “eksis maju berkembang bersama. Mari tunjukkan eksistensi dengan aktivitas positif bermanfaat untuk seluruh umat Tri Dharma maju sesuai dengan kebutuhan di masa depan dan lakukan perubahan sehingga kita bisa berkembang bersama-sama dengan seluruh penduduk rakyat dan warga negara Indonesia”.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال