Paman Birin Dorong PEPABRI dan FKPPI Bina Generasi Muda

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso membacakan pidato tertulis Paman Birin di acara HUT PEPABRI dan FKPPI. Foto-wasaka.kalselprov.go.id


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) – DPD PEPABRI Kalsel dan ke-46 Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan dan Putra-putri TNI-Polri (FKPPI) – PD XVI KB FPPI Kalsel diselanggarakan di Mahligai Pancasila, Sabtu (14/09/2024) di Banjarmasin.

Pada Peringatan HUT tersebut Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Paman Birin mendorong PEPABRI dan FKPPI untuk terus mengintensifkan program-program pembinaan generasi muda seperti pelatihan kepemimpinan, seminar kebangsaan, atau bakti sosial bersama kaum muda.

Perlu disadari ungkap Paman Birin, regenerasi dan transfer nilai-nilai kejuangan adalah sebuah keniscayaan. Purnawirawan memiliki peran moral untuk mewariskan semangat patriotisme kepada generasi penerus. tanpa proses ini, bangsa ini berisiko kehilangan identitas dan jati diri.

Disebutkan, pencapaian usia yang semakin matang ini diharapkan menjadi tonggak baru bagi kedua organisasi untuk terus berkiprah dan memberikan sumbangsih yang lebih besar lagi bagi pembangunan Kalsel khususnya.

Gubernur Paman Birin juga menyebut, momentum acara syukuran merupakan saat yang tepat bagi semua untuk membangun dan menjaga semangat

persaudaraan, kebersamaan, dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Syukuran juga menjadi momen refleksi atas perjalanan panjang kedua organisasi ini. PEPABRI, selama 465 tahun kiprahnya, telah menjadi wadah bagi para purnawirawan untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara,” kata Paman Birin.


Sementara itu, FKPPI selama 46 tahun juga telah membuktikan diri sebagai organisasi yang mampu menjembatani aspirasi generasi penerus dengan semangat kejuangan para pendahulunya.

Tak lupa Paman Birin mengapresiasi dedikasi dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh PEPABRI dan FKPPI dalam menjaga dan meneruskan nilai-nilai kejuangan, patriotisme, dan nasionalisme. Aktivitas yang terus dijalankan kedua organisasi ini telah memberikan warna tersendiri dalam dinamika pembangunan, baik di Kalsel maupun di Indonesia.

“Pengalaman dan kearifan yang mereka miliki merupakan aset berharga bagi bangsa ini. Dalam konteks kekinian, peran PEPABRI dan FKPPI menjadi semakin krusial, terutama dalam membina generasi muda. Di tengah arus globalisasi dan gempuran informasi yang tak terbendung, dibutuhkan sosok panutan yang bisa menginspirasi generasi muda untuk tetap mencintai tanah air dan menjunjung tinggi nilai- nilai pancasila,” ungkap Gubernur Paman Birin.

Pada acara tersebut juga disampaikan pesan-pesan Ketua Umum PEPABRI Agum Gumelar oleh Ketua DPD PEPABRI Kalsel Kol Purn Nasib Alamsyah. Antara lain ditegaskan, bahwa PEPABRI merupakan organisasi yang bersifat netral dalam kontestasi politik. Meski demikian, para anggotanya memiliki hak politik yang dapat digunakan sebagaimana mestinya, termasuk dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ditegaskan juga pentingnya peran aktif anggota PEPABRI untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Agum meminta para anggota PEPABRI agar tidak apatis dalam menghadapi perkembangan tantangan bangsa saat ini.

Peringatan HUT PEPABRI dan FKPPI ini disisi dengan penyerahan Satya Lencana 10 Tahun oleh Ketua PEPABRI kepada salah satu pengurus DPD PEPABRI Kalsel yaitu Letkol Purn Wasro.

Selanjutnya dilakukan pemotongan nasi tumpeng masing-masing oleh Ketua PEPABRI Kalsel dan Sekretaris FKPP Kalsel Zulfadli didampingi Muhammad Yani Helmi atau Paman Yani.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال