Paman Birin Gaungkan Inovasi dan Kreativitas Generasi Muda di Kreativesia Nasional 2024

Meriah: Pembukaan Kreativesia Nasional 2024 berlangsung meriah. Foto-Wasaka.kalselprov.go.id


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Dengan tujuan menggali kreativitas pemuda Indonesia dan mempromosikan potensi daerah, Pemerintah Kalimantan Selatan menggelar Kreativesia Nasional 2024 pada 28-31 Agustus 2024.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemetikan alat musik panting oleh Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar yang mewakili Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, bersama Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili oleh Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda, Asrorun Ni’am Sholeh.

Ajang yang diikuti oleh pemuda dan pemudi dari 38 provinsi ini mencakup 9 subsektor, menjadikan Provinsi Kalsel sebagai panggung bagi talenta-talenta muda dari seluruh Nusantara.

Dalam sambutan tertulisnya Paman Birin menekankan pentingnya acara ini dalam memfasilitasi dan mendorong tumbuhnya inovasi serta kreativitas generasi muda.

“Tujuan utama Kreativesia Nasional adalah untuk memberikan wadah bagi para pemuda Indonesia agar dapat menyalurkan ide-ide kreatifnya di berbagai bidang, seperti teknologi, seni, budaya, dan sosial,” pesan Paman Birin.


Paman Birin berharap melalui acara ini dapat lahir generasi muda yang tidak hanya memiliki mimpi besar, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

“Kita ingin menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembangnya ide-ide brilian. Kreativitas dan inovasi adalah kunci untuk membangun bangsa yang lebih maju,” tambahnya.

Selain itu, Paman Birin menegaskan pentingnya peran pemuda di era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

“Di tengah era globalisasi dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, pemuda dituntut untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas mereka agar mampu bersaing di kancah global,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin berpesan kepada seluruh peserta yang hadir dari berbagai penjuru negeri untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta yang datang dari berbagai penjuru negeri, agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Tingkatkan kreativitas, konektivitas, kolaborasi, dan kemampuan kalian dalam berjejaring untuk menghadapi segala tantangan,” tutup Paman Birin.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI melalui Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni’am Sholeh mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel yang telah sukses menjadi tuan rumah dalam acara Kreativesia Nasional Tahun 2024, meskipun dihadapkan pada keterbatasan waktu.

“Penyelenggaraan acara ini tetap berjalan lancar, dan hal ini patut diapresiasi,” ucap Asrorun.

Asrorun menegaskan bahwa kreativitas adalah denyut nadi bangsa ini.

“Tanpa kreativitas dari para pemuda, negeri ini tidak akan bisa maju. Kreativitas anak muda adalah elemen vital yang akan terus menggerakkan berbagai bidang kehidupan kita,” ujar Asrorun.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan salah satu langkah nyata dalam menghidupkan kreativitas di berbagai bidang, sebagai bagian dari upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045.

“Akselerasi pembangunan yang berkelanjutan harus didorong oleh peran aktif dan inovasi dari generasi muda.” Imbuhnya.

“Dengan semangat ini, saya yakin kita mampu mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” tutup Asrorun.

Acara pembukaan yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh perwakilan Gubernur se-Indonesia, perwakilan Forkopimda Kalsel, sejumlah Kepala SKPD lingkup Kalsel serta tamu undangan lainnya. 

Sumber: Wasaka.kalselprov.go.id


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال