Personel Posko Gabungan BPBD Balangan Gelar Patroli Tiga Kali Dalam Sebulan

FOTO BERSAMA: Personel Posko Gabungan Siaga Darurat Karhutla dan Kekeringan BPBD Balangan berfoto bersama sebelum melakukan giat patroli ke lapangan – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Personel Posko Gabungan Siaga Darurat Karhutla dan Kekeringan yang terdiri dari Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Balangan, TRC BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni dan KPH melaksanakan giat patroli ke lapangan, Rabu (11/9/2024). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi mengatakan, giat ini akan dilaksanakan selama tiga kali dalam sebulan. 

"Ini kegiatan perdana pada minggu ini dengan menyasar dan mendatangi desa yang rawan terjadi Karhutla yaitu Desa Teluk Karya Kecamatan Lampihong," ujarnya. 

Dalam kegiatan patroli ini, tim gabungan melaksanakan sosialisasi dan imbauan pencegahan karhutla kepada masyarakat, terutama kepada aparat desa. 

"Kami menyampaikan terkait Surat Keputusan Bupati Balangan tentang status keadaan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Balangan Tahun 2024, serta Surat Edaran Bupati Balangan tentang antisipasi kesiapsiagaan menghadapi bencana Karhutla serta kekeringan di Kabupaten Balangan Tahun 2024," jelasnya. 

Menurutnya, tujuan utama patroli gabungan ini adalah untuk mendeteksi dini pada area rawan karhutla, sosialisasi pencegahan, pemadaman dini dan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk mencegah karhutla. 

Selain itu juga untuk sharing data dan pengalaman, serta kendala yang terjadi di lapangan, sehingga dapat meminimalisir permasalahan pada kegiatan berikutnya. 

"Tujuan dari semua kegiatan ini adalah untuk meminimalkan potensi dan segala pemicu terjadinya karhutla. Oleh karena itu kami pun harus memperkuat koordinasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait dalam hal ini aparat desa dan masyarakat setempat, demi mencapai tujuan bersama,” katanya. 

Jumaidil berharap kegiatan patroli gabungan pencegahan karhutla yang dilaksanakan ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال