Petani di GBA dan Dusun Utara Diminta Dahulukan Kalkulasi, Sebelum Melakukan Penanam

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Barsel Ensilawatika Wijaya - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ensilawatika Wijaya mengharapkan, kepada para petani di Kecamatan Gunung Bintang Awai dan Kecamatan Dusun Utara agar melakukan kalkulasi terlebih dahulu sebelum melaksanakan penanaman di lahan pertanian dengan melihat kondisi cuaca.

Dirinya mengatakan, hal tersebut dilakukan agar hasil pertanian milik masyarakat tersebut nantinya bisa melimpah, sehingga mampu untuk lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang melaksanakan kegiatan dalam sektor pertanian.

Berdasarkan hasil laporan masyarakat di Kecamatan Gunung Bintang Awai dan Kecamatan Dusun Utara, kata dia, mereka sangat mengharapkan pemerintah kabupaten setempat dapat memperbaiki cek dam dan saluran irigasi.

“Perbaikan cek dam dan saluran irigasi itu dalam upaya menunjang pertanian pada ladang dan sawah milik masyarakat yang berada di dua kecamatan ini,” jelasnya.


Wakil rakyat dapil II Barsel itu mengakui, bahwa saat ini kondisi cuaca memang sedang tidak stabil, yang terkadang hujan dan terjadi kekeringan.

Maka dari itu, masyarakat mengharapkan kepada pemerintah kabupaten Barsel agar memperbaharui cek dam dan saluran irigasi supaya ladang atau sawah mereka tidak mengalami kekeringan atau kebanjiran pada musim tertentu.

“Pastinya saya mengimbau kepada para petani yang ada di GBA dan Dusun Utara, agar bisa memantau cuaca apabila ingin melakukan penanaman,” tukasnya.

Sumber: Nett 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال