Pj Bupati Barsel Buka MTQH ke-44

PEMBUKAAN MTQH: Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan memukul alat musik terbang saat pembukaan MTQH ke-44  - Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Dr H Deddy Winarwan SSTP MSi CGCAE CRGP membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist ke-44 di halaman LPTQ Kabupaten Barsel Buntok, Senin (23/9/2024) malam.

Malam pembukaan tersebut berlangsung meriah dengan hadirnya seluruh kafilah dari 6 Kecamatan se-Kabupaten Barsel, para pejabat lingkup lingkup Pemkab Barsel, undangan dari LPTQ Provinsi Kalteng serta masyarakat sekitar.

Pj Bupati Barsel dalam sambutannya mengatakan, MTQH merupakan momen yang luar biasa, karena melalui kegiatan ini, syiar Islam dapat semakin berkibar dan tersebar luas di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus yang dicintai ini.

Menurutnya, Al-Qur’an dan Hadits adalah sumber ilmu dan hikmah yang penuh petunjuk bagi kehidupan umat Islam. Dengan menggelar MTQH, maka berupaya untuk lebih mendalami dan memahami pesan-pesan suci tersebut, sehingga menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan terdidik.

“Dalam konteks Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH), keberadaan Al-Qur’an sebagai Kalamullah menjadi landasan utama dari acara tersebut. Pelaksanaan MTQH bukan sekadar kompetisi membaca Al-Qur’an semata, tetapi juga merupakan sarana untuk memperkuat tali silaturahmi di antara para peserta dan masyarakat yang hadir. Ketika peserta dari berbagai daerah dan latar belakang berkumpul untuk berpartisipasi dalam MTQH, mereka berbagi semangat kecintaan terhadap Al-Qur’an, serta semangat persaudaraan sebagai umat Muslim dimana kebhinekaan umat Islam tercermin dalam harmoni dan kebersamaan,” ujar Deddy Winarwan.

Ditambahkan, MTQH juga menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap ajaran-Nya. Para peserta berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil dan merenungkan makna yang terkandung di dalamnya.

Mereka menghafal ayat-ayat suci dengan keikhlasan dan dedikasi, menginginkan keberkahan dalam setiap langkah perjuangan mereka. Melalui proses persiapan dan kompetisi di MTQH, peserta semakin mendalami Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang memberikan arah dan tujuan yang jelas.

“Lewat MTQH juga mendorong terciptanya kekompakan dan semangat persaingan yang sehat di antara para peserta. Mereka saling menyemangati, saling menghargai, dan bersaing untuk mencapai prestasi terbaik dalam membaca Al-Qur’an dan Hadits. Semangat kebersamaan dan sportivitas ini menggambarkan bagaimana peserta MTQH menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam setiap langkah kompetisi,” tutur Deddy Winarwan.

Ketua Panitia yang juga Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Barito Selatan H Akhmad Akmal Husain, SSTP MA mengatakan, maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai satu momen untuk terus mensyiarkan Al Qur’an dan Hadits, khususnya bagi Umat Islam dan umumnya untuk masyarakat, yang merupakan petunjuk dan jalan hidup terbaik, yang akan selalu abadi sampai hari akhir nanti.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini secara umum adalah untuk meningkatkan gairah umat Islam, untuk membaca, menelaah, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari–hari. Sedangkan secara khusus, kegiatan ini bertujuan menyiapkan kafilah Kabupaten Barsel pada MTQH Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2025 yang akan datang. Kegiatan MTQH ke XLIV Tingkat Kabupaten Barito Selatan ini, dilaksanakan mulai hari ini Senin, 23 September 2024 sampai Rabu, 25 September 2024 yang akan datang bertempat di area Masjid Agung Baiturrahman Buntok. Sedangkan untuk para Kafilah yang berasal dari 6 Kecamatan se-Kabupaten Barito Selatan, ditampung di beberapa rumah di sekitar Masjid Agung Baiturrahman Buntok ini sehingga memudahkan mobilisasi ketika akan melaksanakan lomba,” tuntas Akmal.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال