Rakowasda 2024 Dibuka, Paman Birin: Tingkatkan Pengawasan Daerah untuk Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik

 Sekretaris Daerah Provinsi, Roy Rizali Anwar, membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) tahun 2024. Foto-wasaka.kalselprov.go.id

BORNEOTREND.COM, KALSEL – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi, Roy Rizali Anwar, membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) tahun 2024 pada Rabu (25/9) pagi.

Rakorwasda 2024 yang dilaksanakan selama dua hari ini berlangsung di Ballroom Calamus Rattan Inn Hotel, Banjarmasin.

Melalui sambutan yang disampaikan Setdaprov Roy Rizali Anwar, Gubernur Paman Birin menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi para peserta Rakorwasda.

“Kehadiran Bapak dan Ibu sekalian menunjukkan komitmen kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas pengawasan daerah, demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang lebih baik di Kalsel,” ujar Paman Birin.

 

Mengusung tema “Penguatan Pengawasan Daerah menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel di Era Digital”, yang disebut Paman Birin relevan dengan kondisi saat ini.

“Kita harus mampu mengantisipasi dan merespon berbagai risiko yang muncul akibat transformasi digital. Dan di era pengawasan digital, penggunaan teknologi memungkinkan kita untuk mengelola data secara efisien dan mempermudah proses mengambil keputusan,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan bahwa di era ini, para pengawas tidak bisa lagi hanya mengandalkan metode konvensional, sehingga Paman Birin mendorong literasi digital dan kompetensi teknologi bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Saya mendorong seluruh jajaran APIP untuk terus mendorong literasi digital dan kompetensi teknologi. Dan ini bukan sekedar menguasai aplikasi atau tools tertentu, tetapi juga mengembangkan pola pikir digital yang memungkinkan kita untuk terus berkembang dengan teknologi,” ingat Paman Birin.

Di akhir sambutan, tak lupa Paman Birin sampaikan harapannya akan pelaksanaan Rakorwasda tahun 2024 ini.

“Saya berharap semoga pelaksanaan Rakorwasda tahun 2024 ini berjalan lancar, dan dapat menghasilkan ide-ide inovatif dan strategi-strategi baru yang dapat kita implementasikan untuk meningkatkan kualitas pengawasan di era digital,” ujar Paman Birin.

Sementara itu, Inspektur Daerah Kalsel Ahmad Fydayeen dalam laporannya menyampaikan bahwa, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah, dalam rangka mendukung koordinasi dan sinkronisasi arah kebijakan pengawasan tahun 2025.

Kemudian juga sebagai upaya menyamakan persepsi, menyelaraskan fokus, sasaran dan jadwal pengawasan dari masing-masing APIP pada Satuan Organisasi pemda, sehingga fungsi pengawasan pemerintah dpt berjalan terkoordinasi dan tersinergi, serta pemanfaatan perkembangan teknologi dalam tata kelola pemerintahan.

Lebih lanjut, Fydayeen juga menyampaikan bahwa hasil Rakorwasda ini akan dijadikan bahan masukan untuk penyusunan Peta Pengawasan 2025 yang akan disampaikan di Rakornas.

Rakorwasda ini diikuti para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Kalsel, bupati/walikota serta Inspektur kabupaten/kota se-Kalsel atau yang mewakili, kegiatan ini akan diisi dengan diskusi dengan tiga narasumber.

Ketiga narasumber tersebut ialah, Direktur Koordinasi dan Supervisi wilayah 3 dari KPK RI, kemudian P2UPD Ahli Utama dari Inspektorat Jenderal Dalam Negeri serta Kepala Perwakilan BPKP Kalsel.

Diskusi dipimpin oleh Tenaga Ahli Gubernur Kalsel, Taufik Arbain sebagai moderator.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال