Bupati Tanbu Pimpin Apel Bhakti PDKB, Tim Elit PDKB PT PLN Upayakan Pemeliharaan Serempak Tanpa Padam

SERAHKAN ALAT KESELAMATAN: Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar menyerahkan alat keselamatan kerja kepada petugas elit PDKB – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr HM Zairullah Azhar memimpin langsung Apel Bhakti PDKB atau Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan petugas PT PLN di halaman Kantor Bupati,Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Senin (30/9/2024)

Apel tersebut melibatkan 42 petugas PT PLN yang tergabung dalam 6 tim elit PDKB dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah yang terbagi dalam 6 unit PLN, yaitu UP3 Kotabaru, Banjarmasin, Barabai, Palangka Raya, Pangkalan Bun serta Kuala Kapuas.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3 ) Kotabaru, Anas Febrian menyampaikan, tujuan kegiatan ini dalam rangka peningkatan keandalan jaringan listrik di Kabupaten Tanbu terutama dalam menghadapi musim pancaroba.

Di samping itu, lanjutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihak PLN dalam melakukan pemeliharaan serentak tanpa padam pada jaringan tegangan menengah guna menghadirkan listrik yang handal di Kabupaten Tanbu.

"Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 30 September hingga 4 Oktober 2024 di lokasi tersebar Kabupaten Tanbu. Pekerjaan dilaksanakan oleh tim elit PLN yang bekerja dalam kondisi listrik bertegangan atau tidak padam. Untuk jumlah pekerjaan 120 titik perbaikan dan penggantian peralatan, sedangkan armada yang digunakan 6 buah mobil sentuh langsung," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini PLN melayani kurang lebih 150 ribu pelanggan di Kabupaten Tanbu, dimana kebutuhan listriknya disuplay dari sistem kelistrikan Barito dengan daya mampu 178 megawatt dengan beban puncak 933 megawatt.

"Di sini masih ada surplus 145 megawatt, namun untuk menjangkau para pelanggan tersebut di 10 Kecamatan, PLN menyalurkan melalui jaringan tegangan menengah kurang lebih 1.500 KMS," paparnya.

Bupati Tanbu dalam sambutannya mengatakan, sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), tentu hal yang dibutuhkan Tanbu sangatlah komprehensif. 

Namun hal yang sangat mendasar adalah listrik, mengingat pelayanan listrik tersebut dalam berbagai aspek sangat dibutuhkan, bahkan dalam berbagai diskusi, disebutkan bahwa listrik merupakan masa depan, kerena keterbukaan informasi teknologi ini akan menjadi kata kunci dalam menatap memasuki dan meraih masa depan yang semakin luar biasa kompetisinya.

"Kalau kita bicara kebutuhan mulai dari rumah tangga kemudian kebutuhan kantor, pelayanan umum dan jalan, tapi tak kalah mendasarnya adalah kebutuhan anak kita yang sedang mengikuti pendidikan mulai yang tingkat paling bawah sampai pada tingkat paling tinggi," jelasnya.

Oleh sebab itu, Bupati sangat mengapresiasi apel ini bahwa tim elit PDKB  merupakan orang pilihan, hingga bisa memberi manfaat bagi orang banyak.

Usai apel, Bupati Tanbu menyerahkan alat keselamatan kerja kepada petugas elit PDKB.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال