Diwakili Balangan, Kalsel Raih 4 Nominasi Terbaik Parade Tari Nusantara di TMII Jakarta

 

Tim Kalsel (Balangan) tampil pertama sesi I pada Parade Tari Nusantara 2024 di Gedung Sasono Langen Budoyo TMII Jakarta, Minggu 6/10/2024.
(Foto: istimewa)

BORNEOTREND.COM - Diwakili Kabupaten Balangan yang menampilkan garapan tari bertema "Ngebo" (Ebolele) akhirnya Kalsel meraih nominasi 4 kategori terbaik. Even yang bertajuk Parade Tari Nusantara ini digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 5-6 Oktober 2024.

Diikuti 14 provinsi Kalsel mampu meraih nominasi terbaik di empat kategori. Masing-masing nominasi terbaik dipilih 5 provinsi. Kategori terbaik yang diraih Kalsel adalah penata busana, penata musik, penata tari, dan penyaji terbaik.

Tari Ngebo yang ditampilkan Kalsel merupakan manifestasi mantra Ebolele sebagai penawar antara yang hidup di alam kefanaan (manusia) dan alam keabadian (leluhur). Menurut kepercayaan suku Deah (di Balangan) Ebolele perwujudan dari ratap dan Isak tangis, curahan rindu guna mengisi salam dan doa kepada para leluhur pelukan sening tunggal.

"Alhamdulillah kita berhasil meraih nominasi 4 kategori terbaik, bisa bersaing dan menyisihkan provinsi lain. Ini tentu berkat ketekunan berlatih juga para pendamping yang turut serta di ajang ini," ujar Fahmi Wahid, Ketua Dewan Kesenian Balangan.

Trofi dan sertifikat dari 4 kategori yang diraih tim Kalsel.
(Foto: istimewa)

Adapun yang keluar sebagai juara penyaji terbaik dari Provinsi Kalimantan Tengah (sebagai juara bertahan), dan sebagai juara penata rias dan busana dari Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini juga dihadiri antara lain, Pj Bupati Balangan Thaufik Hidayat, perwakilan Dinas Dikbud Kalsel dan Balangan, Ketua dan para anggota DPRD Balangan.

Sedangkan pendamping yang turut serta dalam ajang Parade Tari Nusantara 2024 ini, yakni Gita Kinanthi, Heryadi, dan Lupi Andreani. 

Penulis: Khairiadi Asa


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال