DSPMD Barito Selatan Melaksanakan Kegiatan Peningkatan dan Penguatan PSKS

BUKA KEGIATAN: Kepala DSPMD Barsel, Selviriyatmi membuka kegiatan peningkatan dan penguatan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di gedung KNPI Barsel – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan melaksanakan kegiatan peningkatan dan penguatan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di gedung KNPI Barsel.

Kegiatan ini diikuti empat unsur sosial masyarakat yakni LKS, Pekerja Sosial Masyarakat atau PSM, TKSK dan Karang Taruna.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas LKS, PSM, TKSK dan Karang Taruna,” kata Kepala DSPMD Barsel, Selviriyatmi usai membuka kegiatan.

Selvi mengatakan kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti sambutan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto usai pelantikan menegaskan para penerima bantuan jangan salah sasaran.

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan di lapangan benar-benar data update setiap bulan atau minimal 3 bulan sekali. 

Jangan sampai masih terdata warga yang sudah pindah, meninggal dunia bahkan masyarakat yang sudah mampu tetap menerima bantuan.

“Ini kita lakukan sebagai salah satu upaya agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran,” kata dia.

Sementara Kabid Sosial, Rudianto menambahkan tujuan kegiatan peningkatan kapasitas PSKS ini dalam rangka meningkatkan kolaborasi antara empat unsur sosial masyarakat.  

Empat unsur tersebut yakni LKS selaku penyelenggara kesejahteraan sosial di Kabupaten, PSM yang membantu dalam hal menyiapkan database kesejahteraan sosial.

Kemudian, lanjut dia, TKSK yang berada di Kecamatan membantu mengawasi mengevaluasi dan juga menyiapkan data-data dan karang taruna merupakan bagian dari unsur masyarakat yang membantu.

“Mereka ini selain juga sebagai pengawas distribusi Bansos untuk Desa dan Kecamatan mereka juga berfungsi untuk mengevaluasi apakah penerima bansos layak atau tidak,” pungkasnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال