Gandeng BMKG, Kominfo Kalsel Gelar Kegiatan SLI Tematik Diseminasi Informasi

PEMBUKAAN: Kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik Diseminasi Informasi, Selasa (8/10/2024) di aula Diskominfo Provinsi Kalsel - Foto Dok Lita


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik Diseminasi Informasi, Selasa (8/10/2024) di aula Diskominfo Provinsi Kalsel.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait perubahan iklim serta cara-cara mitigasi dan adaptasi. Program ini diinisiasi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

SLI Tematik yang dibuka langsung oleh Plt Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko ini melibatkan 50 orang peserta yang terdiri dari Diskominfo, BPBD Provinsi dan Kab/Kota, Perguruan Tinggi dan sejumlah awak media.

Kegiatan sendiri dihadiri langsung oleh Kepala Diskominfo Kalsel M. Muslim, Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah dan Kepala Stasiun Klimatologi Kalsel Goeroeh Tjiptanto.

Urip Haryoko mengungkapkan, melalui program ini bertujuan untuk mendiseminasikan informasi dengan harapan insan media bisa menyampaikan informasi itu secepat mungkin dengan bahasa yang mudah dan di mengerti olah masyarakat terutama mengenai perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan serta kehidupan masyarakat terutama Provinsi Kalsel.

“Media memiliki peranan krusial dalam mengedukasi masyarakat dan mendorong partisipasi aktif dalam upaya mitigasi perubahan iklim,” ujarnya.


Acara ini diisi dengan berbagai sesi, termasuk presentasi materi tentang perubahan iklim, dampaknya, dan langkah-langkah yang dapat diambil masyarakat untuk mengurangi emisi karbon. Peserta juga diajak berdiskusi mengenai strategi adaptasi dan mitigasi yang dapat diterapkan di tingkat lokal.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kalsel M. Muslim mengungkapkan, bahwa pihaknya terus berupaya meliterasi masyarakat terkait dengan informasi-informasi yang berkaitan dengan iklim cuaca dan sebagainya.

“Ya ini sebuah kolaborasi yang bagus antara pemerintah daerah dengan teman-teman pusat yang di mana mereka juga harus memberikan informasi yang tepat dan akurat. Dengan mengumpulan teman-teman media agar bisa menginformasi komunikasi perihal peruabahan cuaca agar bisa menjadi warning untuk masyarakat,” bebernya.

Melalui kegiatan seperti ini, kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap isu perubahan iklim dapat meningkat, sehingga bersama-sama dapat membangun masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال