IOC Tawarkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

 Ilustrasi, atlet Indonesia. Foto-Reuters


BORNEOTREND.COM, JAKARTA - International Olympic Committee (IOC) menawarkan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat membuka konferensi penanggulangan terorisme melalui olahraga di Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

"Dari Presiden IOC (Komite Olimpiade Internasional) sebenarnya menawarkan pada 2036," kata Dito dilansir dari Antara, Rabu (2/10).

 

Dito menyebut opsi lokasi Olimpiade 2036 adalah di Jakarta dan Bali yang dinilai memiliki kemudahan akses dan fasilitas yang memadai saat pertemuan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden IOC Thomas Bach pada Olimpaide Paris pertengahan tahun ini.

"Presiden Terplih Prabowo Subianto saat di Paris ketika Olimpiade, sudah menyampaikan kepada Presiden IOC atas niatnya menjadikan Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032 atau 2036. Jakarta dan Bali merupakan opsi yang beliau ajukan," kata Dito.

Olimpiade 2032 sudah dipastikan bakal berlangsung di Brisbane, Australia, namun belum ada penunjukkan untuk tuan rumah Olimpiade 2036.

Dito menyambut kans tersebut dengan optimistis lantaran pengalaman-pengalaman menggelar ajang internasional seperti multi event Asian Games dan Paragames 2018, dan single event macam MotoGP Mandalika, Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023, dan Piala Dunia Sepak Bola U-17.

Kendati demikian Dito menyadari Olimpiade adalah ajang yang berada di level lanjutan sehingga harus ada persiapan lebih maksimal.

"Ada proses yang harus dianalisis lebih dalam dan pastinya analisisnya berkelanjutan dan efektivitasnya harus kami lihat dulu. Tapi semangatnya bagaimana ke depan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade," ucap Dito.

Indonesia sudah sempat mengusung Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2036. Pada 2022 Presiden Joko Widodo menyampaikan kesiapan Indonesia menggelar Olimpaide 12 tahun mendatang di IKN.

Keinginan tersebut juga sempat disambut positif oleh Bach dalam Konferensi Tingkat Tingi (KTT) G-20 di Bali.

Sumber: CNNIndonesia.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال