Kandang Penangkaran Jebol, Buaya Ngacir Ke Sungai dan Rumah Warga

 

DITANGKAP: Karyawan penangkaran buaya di Kampung Gunung Calung, Kelurahan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jabar, menangkap dua ekor buaya yang kabur di area galian pasir, Kamis (3/10/2024) - Foto Dok Antara


BORNEOTREND.COM, JABAR- Penangkaran buaya di Jalan Perintis Kemerdekaan di Kampung Gunung Calung, Kecamatan Cianjur, Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur jebol.

Peristiwa ini menciptakan kepanikan karena beberapa ekor buaya penangkaran lepas dan berkeliaran permukiman warga.

Diberitakan detikcom, peristiwa ini bermula dari dinding penangkaran yang jebol saat hujan deras mengguyur kawasan itu pada Rabu (2/10/2024) malam.

Video yang beredar di media sosial merekam upaya warga mencari buaya-buaya yang lepas keluar penangkaran. Warga menyisir sawah dan semak-semak di perkampungan dan berhasil menangkap seekor buaya ukuran besar. 

Lurah Sayang Wiji Eko mengatakan di penangkaran tersebut terdapat 80 ekor buaya. Jumlah tersebut berdasarkan surat penitipan BKSDA ke penangkaran.

"Informasinya dititipkan sejak 2016 oleh BKSDA. Kalau dari surat yang saya lihat ada 80 ekor yang dititip di sini," kata dia, Kamis (3/10/2024) lalu.


Dia membenarkan ada sejumlah buaya yang keluar penangkaran akibat dinding jebol. Namun Wuju belum bisa memastikan berapa jumlah buaya yang lepas dari penangkaran.

"Dari 80 ekor tersebut ada beberapa yang kabur. Sebagian kabur ke kawasan galian C dan ada dua yang kabur ke kali dan sawah dekat pemukiman warga," tambahnya.

"Kalau jumlah pastinya belum tahu. Masih disisir sepanjang aliran sungai dan di sekitaran lokasi penangkaran. Sementara sudah ditangkap 3 ekor. Dua ditangkap di kali dan sawah, sedangkan satu lagi di kawasan galian C," timpalnya.

Dirinya pun juga mengimbau kepada warga setempat untuk waspada dan melaporkan apabila melihat buaya yang keluar dari penangkaran.

"Saya sudah imbau kepada RT dan RW setempat untuk tetap waspada. Segera laporkan apabila melihat buaya," tukasnya.

Sumber: cnnindonesia.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال