Paman Birin Dorong UCB Luluskan Sarjana yang Mahir Teknologi tapi Humanis

FOTO BERSAMA: Kegiatan Sidang Senat Terbuka UCB dengan agenda Dies Natalis dan Wisuda Sarjana ke XVIII, Sabtu (05/10/2024) lalu di Himalaya Ballroom HBI - Foto Dok Istimewa


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj Husnul Khatimah, mendorong seluruh pengajar di Universitas Cahaya Bangsa (UCB) untuk mampu mempersiapkan calon sarjana Banua yang mahir atau menguasai teknologi yang diimbangi dengan karakter humanis.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Sidang Senat Terbuka UCB dengan agenda Dies Natalis dan Wisuda Sarjana ke XVIII, Sabtu (05/10/2024) lalu di Himalaya Ballroom Hotel Banjarmasin Internasional (HBI).

"Dengan mampu menguasai teknologi yang diimbangi dengan karakter humanis, lulusan UCB seyogyanya mampu berkontribusi di tengah masyarakat, baik dalam bidang pekerjaan maupun sektor usaha yang ditekuni, cepat tanggap dan adaptif terhadap perkembangan zaman, serta merepresentasikan karakter terpelajar dan berbudi pekerti luhur dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.


Selain itu, diharapkan juga relasi antara kampus dan alumninya tidak terputus begitu saja. Melainkan ada wadah yang menghubungkan jejaring sesame alumni maupun wirausaha, akademisi, dan teknokrat untuk saling bertukar informasi dan berdiskusi.

"Sehingga upaya membangun daya olah pikir, daya saing, dan akses peluang kerja terus berjalan berkesinambungan," tambahnya.

Disebutkan lagi, masyarakat global saat ini tengah menyongsong era society 5.0, melanjutkan tahap evolusi di bidang digital. Kehadiran teknologi di era ini tidak untuk menggantikan kerja manusia, tetapi meningkatkan kualitas hidup manusia, dengan mengatasi berbagai hambatan di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan. 

"Tugas institusi pendidikan saat ini ialah menyiapkan pendidikan berkualitas bagi SDM di era society 5.0. Pendidikan yang memenuhi karakteristik sesuai kebutuhan era 5.0, seperti kreativitas, berpikir kritis, komunikatif dan mampu berkolaborasi. Oleh sebab itu saya menghimbau kepada UCB agar tidak lelah dalam berevolusi terhadap proses penyelenggaraan Pendidikan," timpalnya lagi.

Sementara itu, Rektor UCB Sri Erliyani MM M.Kes dalam sambutannya menyebutkan, capaian mahasiswa hingga meraih gelar sarjana saat ini, tidak diperoleh dengan gampang, namun melalui proses pembelajaran dan kerja keras.

Sampai sekarang, UCB telah meluluskan sarjana sebanyak 4.455 orang, yang sebagian sudah bekerja di berbagai daerah di Indonesia, bahkan di luar negeri. Tahun ini, UCB meluluskan lagi 202 sarjana dari Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Hukum.

“Selamat kepada wisudawan wisudawati, semoga sukses meraih mimpi,” bebernya.

Tidak berbeda, Ketua Yayasan UCB Dr Akhmad Murjani juga menegaskan, pihak Yayasan akan terus berupaya melengkapi berbagai fasilitas pendukung pendidikan sehingga kualitas Pendidikan UCB dapat semakin baik dan mampu meluluskan sarjana yang kompeten sesuai perkembangan zaman.

Tidak hanya itu pihaknya juga terus melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak demi mempermudah mahasiswa yang berkuliah di UCB untuk mendapatkan beasiswa dan lapangan pekerjaan.

"Kita juga terimakasih atas bantuan Pemprov dan Kementerian Pendidikan selama ini, khususnya bantuan terkait dengan bantuan dana hibah untuk sarana pendidikan dan bantuan beasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar," tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال